Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB


Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB
Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB Foto bersama Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Sumbar, I-Yes Padang, SKK Ganto, PHP Unand, Galeri Investasi BEI Unand, Kepala UKKPK UNP, Aliansi Pers Mahasiswa Sumbar, dan berbagai perwakilan ormas, akademisi, dan swasta. ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia.

ICS 2.0 merupakan acara puncak dari rangkaian agenda roadshow, mempertemukan stakeholder pembangunan berkelanjutan seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil dari seluruh Indonesia. Acara tersebut akan diselenggarakan di Universitas Indonesia November 2017 mendatang.

Acara diinisasi pertama kali oleh Meetchange.org, situs jejaring e-government pertama, berkolaborasi dengan UNICEF, Dompet Dhuafa, Universitas Indonesia, Komunitas Investor Saham Pemula dan organisasi masyarakat sipil lainnya.

"Melalui acara roadshow ini, Padang menjadi kota pertama di Indonesia yang diperkenalkan pada konsep Target Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals yang dicetus oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di akhir tahun 2016 lalu. Target Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 target yang disepakati oleh ratusan delegasi negara di dunia untuk menciptakan dunia yang lebih baik, seperti mengentaskan kemiskinan, menghilangkan kelaparan, menciptakan pendidikan yang setara, dan lainnya," tutur Khaira Al Hafi, Steering Committee ICS 2.0.

Khusus untuk Kota Padang, acara roadshow ini diformat dalam bentuk seminar dan forum dengar pendapat (Forum Group Discussion) dengan mengusung judul “Kolaborasi Multipihak dalam Pembangunan Infrastruktur yang Ramah Warga Menuju Padang Kota Berkelanjutan”.

Agenda dilaksanakan di Aula SMKN 2 Padang dan dihadiri oleh berbagai kalangan seperti Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Sumbar, I-Yes Padang, SKK Ganto, PHP Unand, Galeri Investasi BEI Unand, Kepala UKKPK UNP, Aliansi Pers Mahasiswa Sumbar, dan berbagai perwakilan ormas, akademisi, dan swasta.

Amrul Khalid, ketua panitia roadshow ICS 2.0 kota Padang menekankan kembali pentingnya kolaborasi pemerintah, swasta, dan akademisi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi kota Padang saat ini, utamanya untuk menciptakan pasar rakyat yang modern, trotoar yang ramah pejalan kaki, dan ruang publik yang hijau. Ia juga mengundang para aktivis, perwakilan ormas, CSR perusahaan, dan pemerintah daerah untuk menghadiri acara puncak Indonesian CitizensSummit, dengan mendaftarkan diri di
www.citizensummit.id (h/rel/nisa)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]