Lagi, Lahan Perkebunan di Pasbar Dilalap Si Jago Merah


Selasa, 01 Agustus 2017 - 20:50:03 WIB
Lagi, Lahan Perkebunan di Pasbar Dilalap Si Jago Merah Tim Gabungan BPBD Pasbar,TNI dan Masyarakat terlihat melakukan pemadaman api dilahan lahan kelapa sawit milik Kelompok Tani (Keltan) Batang Alin Permai,Nagari Sungai Aur, sejak Senin (31/7) Idenvi Susanto

PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Setelah Kenagarian Ujung Gading mengalami kebakaran lahan kali ini sekitar 20 hektare lahan kelapa sawit milik Kelompok Tani (Keltan) Batang Alin Permai,Nagari Sungai Aur, sejak Senin (31/7) lalu juga ikut terbakar. Hingga saat sore ini api belum padam.

"Benar, kebakaran terjadi sejak Senin siang. Tidak ada korban jiwa dan petugas pemadam kebakaran bersama instansi terkait masih berupaya memadamkan api," sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Try Wahluyo kepada haluan Selasa (1/7)

Tri Wahluyo mengatakan penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui. Pihaknya fokus memadamkan api karena takut semakin meluas.

"Kebakaran lahan kelapa sawit ini merupakan kedua kalinya dalam waktu berdekatan. Sebelumnya sekitar 40 hektare lahan kelapa sawit terbakar di Jorong Ranah Salido, Nagari Ujung Gading," ujarnya.

Tri Wahluyo mengatakan tim BPBD kesulitan memadamkan api menggunakan Pompa air. Sebab, untuk memperoleh di lokasi kebakaran sangat sulit karena sungai di dekat itu kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan. Begitu juga dengan pihak Damkar tidak bisa melakukan pemadaman dengan mobil damkar.

"Kita sudah turunkan tim beserta pompa air sebanyak tujuh unit, namun api belum juga padam. Kita hanya bisa manual dengan mendatangi titik api dan pihak lain juga melakukan penggalian batas atau pembuatan parit agar api tidak meluas," jelasnya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]