MASUK JALUR HIJAU

Pemilik Ternak Akan Didenda


Kamis, 03 Agustus 2017 - 01:42:53 WIB

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), akan terus menggencarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 01 tahun 2016 tentang ketertiban umum di wilayah tersebut.

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar), Harianto, melalui Kasi Ketertiban Umum (Trantibum), Edison, akan tegas melakukan penangkapan terhadap ternak liar di jalur hijau kota Painan. Sebab, hal itu sesuai dengan pasal 41 yang mengatur tentang ternak lepas di jalur hijau.

 

"Kalau masih kedapatan, maka kepada pemilik ternak akan kita kenakan denda senilai Rp250.000 untuk seekor sapi. Sedangkan untuk seekor kambing, akan dikenakan sanksi senilai Rp 100.000," tegas Kasi Trantibum Edison, kepada Haluan, Rabu (2/8).

 

Menurutnya, pihaknya selaku garda terdepan sebagai penegak Perda di kabupaten itu, sudah menjalankan tugas dan fungsinya jauh hari sebelumnya. Namun, belum ada sanksi tegas yang diterapkan kepada pelanggar, sebab saat itu masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan ia mengaku, pihaknya sudah melakukan patroli pada jalur hijau disekitaran kota Painan.

 

"Benar, saat ini pihak kita sudah melakukan patroli rutin pada jalur hijau di sekitaran kota Painan. Bila nanti masih ditemukan ternak lepas, maka akan dilakukan penangkapan. Dan untuk proses penyerahan kepada pemilik, maka mereka wajib membayar denda senilai Rp250.000 untuk seekor sapi. Kalau kambing Rp100.000," jelasnya.

 

Lebih lanjut kata dia, mulai Senin kemarin, pihaknya sudah menerapkan sanksi tersebut. Bahkan, pihaknya sudah menangkap seekor sapi dan memberikan denda kepada pemiliknya. Jika dalam seminggu pemilik tidak menebus ternaknya, maka pemerintah daerah berhak melakukan pelelangan terhadap ternak tersebut, dan uangnya akan diserahkan ke kas daerah.

 

"Kegiatan patroli di jalur hijau kota Painan ini, akan terus kita gencarkan kedepannya. Sehingga akan memberikan efek jera kepada pemilik ternak. Hal itu kami buktikan dengan penangkapan seekor ternak sapi pada Selasa lalu, dan uang denda sudah kami serahkan kepada dinas pendapatan daerah," sebutnya.

 

Ia menegaskan, dalam menjalankan tugas dilapangan, maka pihaknya tidak akan tebang pilih. Semua pelanggar akan dikenakan sanksi yang sama sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

"Demi ketertiban kota Painan, maka pihak kita siap menjalankan tugas sesuai perintah pimpinan. Meskipun nanti pemilik ternak tersebut adalah pejabat daerah, maka tetap akan ditindak tegas. Dan pihak kita tetap menghimbau, agar masyarakat yang berada di kota Painan selalu tertib dan memelihara dengan baik hewan peliharaannya," tutupnya. (h/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 16:02:12 WIB

    2 Tahun Berjalan, Supreme Energy Membina Eks Pemilik Lahan Terdampak Ekonomi

    2 Tahun Berjalan, Supreme Energy Membina Eks Pemilik Lahan Terdampak Ekonomi HARIANHALUAN.COM - Telah dua tahun berjalan dilakukan pemberdayaan dan pembinaan untuk meningkatkan perekonomian eks warga pemilik lahan (Hak Guna Usaha) yang terdampak proyek Geothermal PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML).
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 17:27:04 WIB

    Wah.. Ada 140 BB Laka Lantas di Polres Pariaman Tak Dijemput Pemiliknya

    Wah.. Ada 140 BB Laka Lantas di Polres Pariaman Tak Dijemput Pemiliknya PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM  - Sekitar 140 unit kendaraan yang merupakan barang bukti (BB) pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, di Markas Komando (Mako) Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas), Polres Pariaman, tidak diambil.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 17:26:52 WIB

    Pertamina: Premium Cepat Habis Karena Pemilik Kendaraan Isi BBM Tak Sesuai Kompresinya

    Pertamina: Premium Cepat Habis Karena Pemilik Kendaraan Isi BBM Tak Sesuai Kompresinya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Sumbar dalam sehari mencapai 1,5 juta liter. Sedangkan, untuk pertalite sebanyak 900 ribu liter dan pertamax sebanyak 200 ribu liter..
  • Rabu, 25 Juli 2018 - 11:03:13 WIB

    Polisi Tangkap IRT Pemilik 500 Gram Sabu

    Polisi Tangkap IRT Pemilik 500 Gram Sabu PADANG,HARIAN HALUAN.COM—Seorang Ibu Rumah Tangga yang telah lama menjadi Target Operasi (TO) Tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Padang ditangkap, tak jauh dari rumahnya di Jalan Gudang Batu Bara RT 01 RW 12 Kelurahan Rawang.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:39:05 WIB
    BUPATI PESSEL PERINTAHKAN USUT TUNTAS

    Polisi Cari Pemilik Limbah Medis

    PAINAN, HALUAN — Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hen­drajoni memerintakan Dinas kesehatan (Dinkes) Pessel untuk mengusut tuntas penemuan lim­bah medis yang mengotori Pan­tai Tan Sridano, Kecamatan Batang Kapas, beberapa .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]