Pengantar KUA-PPAS APBD Perubahan, Belanja Daerah Diproyeksikan Turun


Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:37:36 WIB
Pengantar KUA-PPAS APBD Perubahan, Belanja Daerah Diproyeksikan Turun Ilustasi.NET

Poin-poin yang dikurangi pada belanja tidak langsung antara lain belanja pegawai diproyeksikan berkurang 2,46 persen atau Rp56 miliar dibanding APBD awal yang sebesar Rp2.273 trilun, menjadi Rp2.217 triliun.

Belanja Hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  terdapat pengurangan sebesar Rp269,5 miliar. Belanja hibah BOS ini turun Rp menjadi Rp809 miliar dibandingkan di APBD awal yang sebesar Rp1,078 triliun.

"Sementara untuk belanja bantuan keuangan pada kabupaten/kota, belanja bantuan keuangan pada desa atau nagari  dan belanja tak terduga diprediksi sama dengan belanja APBD awal," papar gubernur.

Lebih lanjut untuk belanja langsung, disampaikannya belanja langsung direncanakan mengalami perubahan dari APBD awal yang semula Rp2,039 triliun menjadi Rp2.290. Belanja langsung ini mengalami penambahan sebesar Rp251,6 miliar.

Belanja langsung ini penggunaannya antara lain untuk penyediaan infrastruktur, peningkatan pelayanan kesehatan, dukungan pada sektor pendidikan, penambahan anggaran untuk pelayanan perkantoran dan alokasi pengalihan urusan HPN, OPD baru dan prioritas mendesak lainnya.

Sementara itu Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, dengan telah disampaikannya nota penjelasan rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017, sesuai Tata Tertib (Tatib) di DPRD ini akan dilanjutkan dengan pembahasan dan pendahuluan oleh komisi-komisi.

"Pembahasan pendahuluan oleh komisi-komisi akan dilakukan bersama mitra  kerja. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dan finalisasi oleh Badan Anggaran bersama Tim Anggaran pemerintah daerah. DPRD menjadwalkan penetapan KUPA PPAS APBD Perubahan 2017 ini disepakati 23 Agustus," kata Hendra. (h/len)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]