Soal Jemaah Sakit, PPIH Mengacu ke Aturan


Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:45:11 WIB
Soal Jemaah Sakit, PPIH Mengacu ke Aturan Jamaah haji/Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang menegaskan jemaah haji yang menderita penyakit kronis tidak bisa diberangkatkan mengacu pada Permenkes nomor 15 tahun 2016.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Padang dr Aryanti, di Asrama Haji Parupuak Tabiang, Selasa (1/8). "Jadi tidak ada pengecualian walaupun jamaah tersebut bersedia menandatangani surat tidak akan menuntut apapun tetap tidak bisa diberangkatkan," kata Aryanti

Menurutnya, mengacu kepada pasar 13 Permenkes nomor 15 tahun 2016 kriteria jemaah haji yang ditetapkan tidak memenuhi syarat kesehatan meliputi kondisi klinis yang dapat mengancam jiwa, antara lain penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) derajat IV, gagal jantung stadium IV, Chronic Kidney Disease Stadium IV dengan peritoneal dialysis/hemodialisis reguler, AIDS stadium IV dengan infeksi oportunistik dan stroke haemorhagic luas.

Kemudian gangguan jiwa berat antara lain skizofrenia berat, dimensia berat, dan retardasi mental berat serta penyakit yang sulit diharapkan kesembuhannya, antara lain keganasan stadium akhir, Tuberculosis Totaly Drugs Resistance (TDR), sirosis atau hepatoma deco mpensata.

Sebelumnya satu calon haji Embarkasi Padang atas nama Ramli Bakar tergabung dalam kloter I dinyatakan tidak dapat berangkat karena mengalami gagal ginjal.

Namun yang bersangkutan tetap datang ke Asrama Haji Tabing Padang bersama istri saat acara pelepasan secara resmi dan memohon tetap dapat diberangkatkan kepada pejabat berwenang.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 15:39:34 WIB

    Soal Perbaikan Jalan Silokek, Henry: Kita Bicarakan Dulu!

    Soal Perbaikan Jalan Silokek, Henry: Kita Bicarakan Dulu! SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Sijunjung akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR setempat, terkait kerusakan ruas jalan kabupaten di Nagari Silokek akibat tergerus arus sungai B.
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 23:31:07 WIB

    Soal Normalisasi Sungai, TGUPP DKI Jakarta Nilai Basuki Ngawur 

    Soal Normalisasi Sungai, TGUPP DKI Jakarta Nilai Basuki Ngawur  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Muslim Muin, menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ngawur dengan konsep normalisasi unt.
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 08:21:38 WIB

    Jakarta Banjir Besar, Begini Kata Greenpeace Soal Indonesia

    Jakarta Banjir Besar, Begini Kata Greenpeace Soal Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Greenpeace Indonesia menyebut, fenomena hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek bukan fenomena perubahan iklim, tetapi sudah masuk kategori krisis iklim..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]