Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal


Kamis, 03 Agustus 2017 - 11:39:57 WIB
Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Periode Januari hingga Juli 2017, terdapat 5 kasus balita terlantar yang ditinggalkan orangtuanya.  Salah satu dari lima kasus tersebut, satu balita meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dihimpun Haluan, Rabu (2/8) dari perlindungan anak Dinas Sosial Kota Padang, sebaian besar balita tersebut merupakan bayi yang ditemukan oleh masyarakat dan dibawa ke rumah sakit.

Pihak rumah sakit memberitahukan kepada Dinas sosial untuk menyelesaikan kasus tersebut setelah melewati beberapa tahapan yang harus dilalui.

Pekerja Sosial Perlindungan Anak Kementrian Sosial yang bertugas di Kota Padang, Rusmen mengatakan, balita yang diterlantarkan oleh orangtuanya merupakan akibat dari pergaulan bebas.

“Balita yang terlantar yang ditangani oleh Bidang Rehabilitas Khusus Dinas Sosial Kota Padang, sebagian besar hasil dari remaja yang terlibat pergaulan bebas. Ketidakmampuan menangani hal tersebut, membuat mereka mengambil keputusan untuk membuang bayi yang telah dilahirkannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, bayi tersebut ada yang ditemukan masyrakat di depan rumah warga, rumah sakit dan di depan kos-kosan serta beberapa tempat yang ada di lingkungan masyarakat.

“Balita terlantar yang ditinggalkan oleh orangtuanya ini, akan diproses secara hukum dan dicarikan jalan keluarnya, seperti mencarikan orang tua asuh bagi si anak, sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan dan berdasarkan hasil dari kepolisian” ungkapnya.

Sejauh ini, balita tersebut akan di rawat di rumah sakit sebelum mendapat kejelasan mengenai orang tua asuh yang harus sesuai dengan aturan yang ada.

“Untuk menjadi orang tua asuh, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon orang tua. Sehingga mereka layak menjadi orang tua si anak,” ucapnya.

Ia mengatakan, sebegai pekerja sosial perlindungan anak, ia mengingatkan kepada orang tua untuk memantau pergaulan anaknya. Sehingga dengan adanya kontrol dari orang tua dapat mengantarkan si anak tidak terlibat dalam pergaulan bebas. (h/mg-eby)

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 20:16:32 WIB

    Siaga Bencana, Dinsos Padang Rekrut Tim Reaksi Cepat

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Soial (Dinsos) Kota Padang berencana akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). TRC tersebut nantinya bakal bertugas memberikan pelayanan cepat terhadap penanganan bencana alam maupun bencana sos.
  • Jumat, 29 Maret 2019 - 11:54:33 WIB

    Dinsos Padang Diminta Serius Tangani Orang Gila

    Dinsos Padang Diminta Serius Tangani Orang Gila PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberadaan orang gila menimbulkan keresahan di masyarakat, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang diminta serius menangani persoalan di lapangan. Terutama masalah orang gila yang sering telihat berkelia.
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 11:04:13 WIB

    DPRD Padang Desak Dinsos Berantas Gepeng

    DPRD Padang Desak Dinsos Berantas Gepeng PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Maraknya Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) kerap kali mengganggu pengguna jalan di Kota Padang dengan meminta uang. Mereka tersebar di beberapa titik. Salah satunya di perempatan lampu merah..
  • Kamis, 08 November 2018 - 10:54:40 WIB

    10 Lesbian yang Ditangkap di Padang Dibina Dinsos

    10 Lesbian yang Ditangkap di Padang Dibina Dinsos PADANG, HARIANHALUAN.COM—Satpol PP Padang telah menyerahkan 10 lesbian ke Dinas Sosial (Dinsos) Padang. Saat ini, Dinsos Padang terus membina para wanita tersebut..
  • Kamis, 15 Juni 2017 - 11:38:03 WIB

    Tertibkan Pengemis, DPRD Minta Satpol PP dan Dinsos Bekerja

    Tertibkan Pengemis, DPRD Minta Satpol PP dan Dinsos Bekerja PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang untuk mulai memperhatikan masalah anak jalanan, gelandangan, dan pengemis yang mulai me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]