PADANG RAIH ADIPURA

Insentif Pasukan Kuning Dinaikkan 10 Persen


Sabtu, 05 Agustus 2017 - 13:39:47 WIB

PADANG,HALUAN-- Seperti diketahui, setelah "puasa" selama sewindu, akhirnya Kota Padang meraih Adipura di tahun 2017. Diraihnya kembali Adipura disambut senang oleh semua masyarakat, pemerintah dan terutama petugas kebersihan atau yang dikenal dengan istilah pasukan kuning. Sebab, tahun depan insentif pasukan kuning akan dinaikan sebesar 10 persen.

“Adipura yang diraih hari ini adalah berkat kerjasama seluruh warga Kota Padang. Selain itu juga berkat petugas kebersihan yang bekerja siang dan malam,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin kepada Haluan, dihadapan ratusan petugas kuning di Masjid Nurul Iman, Jumat (4/8).

Dikatakan Al Amin kenaikan insentif untuk pasukan kuning disampaikan oleh Walikota Padang, dan didengar oleh anggota DPRD yang hadir dalam acara penyambutan Adipura di Balai Kota, Jumat (4/8) pagi.

“Yang jelas sudah kita pastikan insentif kawan-kawan pasukan kuning akan naik 10 persen tahun ini. Sehingga tahun 2018 sudah dapat merasakan kenaikan insentif,”katanya.

Disebutkan Al Amin jumlah petugas kebersihan organik ada sekitar 650 orang, kemudian ditambah dengan relawan kebersihan. Total keseluruhan pasukan kuning DLH sekitar 1.150 orang. Ia menyebut, kenaikan insentif diberikan kepada seluruh pasukan kuning tanpa membedakan petugas organik maupun relawan kebersihan.

“Tidak ada perbedaan, semuanya akan mendapatkan kenaikan insentif sebesar 10 persen. ,”ujarnya.

Disebutkan Al Amin, target untuk kedepannya Kota Padang tentunya ingin meraih Adipura selama tiga kali berturut-turut. Setelah mendapatkan tiga kali berturut-turut, maka akan diperoleh Adipura Kencana.

“Mudah-mudahan tahun depan kita kembali meraih Adipura, sehingga di tahun 2019 kita telah meraih Adipura Kencana. Semua berkat keseriusan warga menjaga kebersihan. ,”sebut Al Amin.

Al Amin kembali mengingatkan agar masyarakat hanya boleh membuang sampah di kontainer yang telah ada mulai pukul 17.00 - 05.00 WIB. Sedangkan pukul 05.00 - 17.00 Wib, warga tak boleh membuang sampah di kontainer. Selain itu, setiap pembuang sampah sembarangan akan didenda. Mereka yang kedapatan, ditindak pidana ringan (Tipiring) dari Satpol PP.

Sebab, mulai 1 Oktober 2015 lalu, Peraturan Daerah (Per­da) Kota Padang Nomor 21 tahun 2012 yang mengatur tentang pengelolaan sampah diberlakukan. Pembuang sampah sembarangan dikenakan hukuman tindak pidana ringan berupa kurungan 3 bulan atau denda Rp5 Juta.

“Kedepan kita akan meminta Satpol PP untuk menindak tegas pelaku pelanggar perda sampah ini,”katanya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebut, jika insentif pasukan kuning sudah dinaikan diharapkan petugas kebersihan maupun relawan kebersihan untuk dapat bekerja lebih giat menjaga kebersihan Kota Padang.

“Tentunya kita tidak ingin Adipura hanya diraih satu kali ini. Kedepannya pasukan kuning dan masyarakat harus saling bekerjasama menjaga kebersihan,”katanya.

Selain itu, salah satu relawan kebersihan Mega mengatakan, sangat senang mendengar Kepala DLH Al Amin menyebut bahwa tahun depan akan mendapatkan kenaikan insentif sebesar 10 persen.

“Semoga apa yang telah dijanjikan dapat diwujudkan, kami sangat bersyukur mendengarnya,”ucap Mega. (h/mg-mel)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:11:14 WIB

    Pemilik Sapi Bunting di Padang Bisa Dapat Insentif

    Pemilik Sapi Bunting di Padang Bisa Dapat Insentif PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pertanian Kota Padang tahun ini menyiapkan anggaran senilai Rp200 juta untuk pemberian insentif bagi pemilik sapi bunting usia lima bulan. Jumlah tersebut, mengalami penurunan jika dibandingk.
  • Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:12:33 WIB

    Perangkat Kelurahan Terima Insentif Hingga Rp2,5 Juta/Bulan

    PADANG, HALUAN — Janji pemerintahan Mahyeldi Emzalmi untuk melayani masyarakat di tingkat paling bawah diwujudkan dengan memberikan insentif lurah, sekretaris lurah (seklur) dan kasi mulai Oktober ini. Namun, pelayanan d.

  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:53:01 WIB

    Pengusaha Angkutan Diberi Insentif Pajak

    STATUS BADAN HUKUM DIUBAH

    PADANG, HALUAN — Terjadinya pergeseran minat masyarakat untuk menjadi penumpang angkutan umum ke moda transportasi lainnya, membuat Pemprov Su.

  • Senin, 03 Agustus 2015 - 19:56:34 WIB

    Insentif Rp2,5 Juta, Lurah Dituntut Tingkatkan Pelayanan

    PADANG, HALUAN — Pada Oktober mendatang insentif lurah, sekretaris lurah (Seklur), kasi dan stafnya sudah bisa dicairkan. Besarnya insentif lurah cukup besar yakni Rp2,5 juta, seklur Rp1,7 juta, Kasi Rp1.

  • Ahad, 08 Maret 2015 - 19:52:43 WIB

    Insentif Guru TPQ dan MDA Naik 300 Persen

    PADANG, HALUAN — Pen­didikan islami generasi muda Kota Padang harus diper­ha­tikan. Untuk itu, Peme­rintah Kota (Pemko) Padang tahun ini menganggarkan dana sebe­sar Rp9 miliar untuk insen­tif guru .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]