Hobi Tur Bersama Anak-Anak Skuter

Andree Algamar: Komunitas Adalah Nyawa Kota


Ahad, 06 Agustus 2017 - 08:57:33 WIB
Andree Algamar: Komunitas Adalah Nyawa Kota Andree Algamar menunggangi salah satu skuternya

 PADANG, HALUAN--Komunitas menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kota. Andree Algamar, Mantan Kepala Satpol PP Kota Padang, kerap ambil bagian di berbagai kegiatan komunitas di Kota Bengkuang itu.

Keterlibatan Andree di dalam komunitas terbilang cukup intensif. Meski sedang melaksanakan tugas belajar, ia masih menjadi anggota dari komunitas skuter Kota Padang.

"Kalau skuter tua ini memang hobi dari dulu. Orang tua saya dulu selalu mengajarkan untuk merawat yang tua-tua. Hobi ini keterusan sampai bergabung dengan komunitas skuter Padang," ujar Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri itu, Minggu (6/9).

Selain itu, Penerima Warga Kehormatan Kota Padang 2011 ini juga menilai komunitas merupakan aspek yang sangat penting dalam pembangunan kota.

"Sebagai pegawai pemerintahan, keterlibatan di dalam komunitas sangat penting. Kita bisa semakin dekat dengan berbagai persoalan masyarakat Padang. Dialog di komunitas tentunya tidak seformal kalau di kantor pemerintahan. Mereka itu nyawa kota," tutur Panghulu bergelar Datuak Sangguno Dirajo ini.

Selain itu, Ketua DPD KNPI Padang 2012—2015 itu juga merasa komunitas sering membantu pekerjaannya selama ini. Ia menilai komunitas-komunitas di Padang memiliki solidaritas yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.

"Saya merasa sangat terbantu. Kawan-kawan komunitas ini paling tidak bisa dengar ada orang sakit. Kalau  ada orang sakit, pasti mereka langsung bergerak untuk membantu. Kami kerap mendapatkan informasi dari komunitas untuk memberikan bantuan tertentu kepada yang membutuhkan. Tujuan utamanya, semua program pemerintah harus tepat sasaran dan akuntabel," ucap Mahasiswa Universitas Pertahanan ini.

Bagi Andree, komunitas merupakan  daya tarik sebuah kota. Ia meyakini komunitas akan memberikan dampak signifikan jika secara konsisten dilibatkan dalam pembangunan.

"Coba komunitas skuter ini kita ajak mengawasi anggaran pembangunan jalan, misalnya. Pastinya, penyelewengan akan sangat minim terjadi. Mereka lewat jalanan Kota Padang setiap hari, tanpa harus ditugaskan memantau, pasti mereka sudah kerjakan sendiri. Semakin komunitas dilibatkan pemerintah, semakin berdaya pula seluruh warga Padang," kata Andree.

Ketika ditanya soal keikutsertaannya pada Pilkada Padang 2018, Mantan Camat Lubuk Kilangan ini hanya berharap masyarakat mendoakannya.

"Alhamdulillah, saya masih akan pensiun dari PNS 24 tahun lagi. Untuk rencana ke depan seperti apa, saya pasti akan memilih jalan menjadi pelayan warga Padang. Apakah itu menjadi pegawai negeri atau tidak, saya pasti akan serius dan sungguh-sungguh menjalaninya," kata Andree.

Belakangan ini nama Andree Algamar sering dihubungkan dengan Pilkada Padang 2018. Selain Andree, beberapa sosok anak muda berprestasi juga sering disebut-disebut bakal memulai debut politiknya pada Pilkada Padang 2018, antara lain, Yuliandre Darwis (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia) dan Faldo Maldini (Mantan Ketua Perhimpunan Pelajaran Indonesia Britania Raya dan Pendiri pulangkampuang.com). (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]