Pemprov Bakal Bangun UPT Pendidikan di Kabupaten/Kota


Senin, 07 Agustus 2017 - 19:21:05 WIB
Pemprov Bakal Bangun UPT Pendidikan di Kabupaten/Kota Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemprov Sumbar akan membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendidikan di kabupaten/kota. Tujuannya untuk membantu segala urusan pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) pascapenarikan kewenangan dari kabupaten/kota.

Setelah penarikan dari kabupaten/kota, saat ini Pemprov Sumbar harus mengelola 493 SMA/SMK yang sebelumnya dikelola kabupaten/kota. Sehingga segala urusan baik program, kepegawaian, hingga gaji harus diurus seluruhnya di Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

“Nantinya kita akan bentuk UPT pendidikan yang akan ditempatkan di kabupaten/kota. Nanti bisa saja satu UPT melayani tiga kabupaten/kota yang terdekat. Misalnya, UPT di Kota Solok yang bisa melayani Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan Kota Solok,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar, Ali Asmar, kepada media belum lama ini saat ditemui di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Pembentukan UPT pendidikan ini sendiri masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). Ditargetkan dalam tahun ini UPT tersebut sudah bisa difungsikan. “Kita inginnya secepatnya bisa difungsikan, makanya kalau sudah keluar dari Kementerian akan langsung kita bentuk UPT-nya,” ungkap Sekda.

Guna mengisi UPT ini, Pemprov Sumbar juga akan menjaring tenaga-tenaga baru dan bukan dari pejabat yang aktif saat ini di Pemprov Sumbar. “Kita akan buka pendaftaran nanti untuk menjadi kepala UPT. Yang pasti bukan dari pejabat eselon di provinsi. Kita saja juga kekurangan,” katanya.

Sekaitan dengan pengalihan kewenangan itu, Pemprov Sumbar juga masih dipusingkan dengan masalah anggaran dan kepegawaian. Dimana kedua poin itu saat ini masih dalam pembahasan.

“Untuk kekurangan anggaran sekitar Rp700 miliar itu sedang kita bahas di APBD Perubahan. Termasuk untuk gaji pegawai honorer,” lanjutnya.

Dalam pengalihan kewenangan SMA/SMK tersebut, setidaknya ada 21.000 pegawai SMA/SMK dari Kabupaten/Kota yang akan dibawa ke provinsi pada 2017 mendatang. Di­mana di antaranya 13.000 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), 8.100, guru honorer dan lebihnya pegawai labor, Tata Usaha (TU) dan bengkel.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 Maret 2020 - 19:43:25 WIB
    Kedapatan Pungut Biaya, Kepsek Diberhentikan

    Mantul Nih! Pemprov Riau Berlakukan SMA/SMK Gratis

    Mantul Nih! Pemprov Riau Berlakukan SMA/SMK Gratis PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai mesosialisasikan kepada seluruh kabupaten/kota agar tidak memungut biaya apapun pada penerimaan siswa didik baru. Hal tersebut lantaran Gubernur Riau telah m.
  • Ahad, 30 Juni 2019 - 20:44:54 WIB

    Bakal Dikirim Pemprov ke LN, Novia Fatma Boyong Gelar Juara Pertama  GTK PAUD  Tingkat Nasional 

    Bakal Dikirim Pemprov ke LN, Novia Fatma Boyong Gelar Juara Pertama  GTK PAUD  Tingkat Nasional  Para juara Apresiasi Guru Tenaga Kerja (GTK) PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi 2019 XIII Tingkat Nasional tengah berfoto bersama Kadisdik Sumbar, Adib Alfikri dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di kediamannya, Sabt.
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 19:59:52 WIB

    Soal Pergub Beasiswa Rajawali, Pemprov Bantah Lamban Memproses 

    Soal Pergub Beasiswa Rajawali, Pemprov Bantah Lamban Memproses  PADANG, HARIANHALUAN.COM— Kepala Biro Hukum Setdaprov Sumbar, Ezeddin Zain mengungkapkan bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat proses klarifikasi Pergub Pemanfaatan Dana Beasiswa yang Bersumber .
  • Jumat, 30 November 2018 - 09:16:52 WIB

    Gaji Guru Honorer Pemprov Sumbar “Seupil”

    Gaji Guru Honorer Pemprov Sumbar “Seupil” PADANG, HARIANHALUAN.COM – Setidaknya 2.800 guru honor yang sebelumnya menerima SK dari bupati/wali kota, beralih menjadi tanggungan pemerintah provinsi sejak 2017 lalu. Sayangnya, hingga kini para guru tersebut masih mener.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]