Prediksi Disnak, Jumlah Kurban di Sumbar Turun


Selasa, 08 Agustus 2017 - 10:13:07 WIB
Prediksi Disnak, Jumlah Kurban di Sumbar Turun Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Peternakan Sumatera Barat (Sumbar) memprediksi jumlah hewan kurban di provinsi ini pada Iduladha kali ini turun daripada tahun lalu. Pada tahun lalu, jumlah hewan kurban di Sumbar 40 ribu ekor, yang terdiri dari 35 ribu sapi dan 5 ribu kambing. Pada tahun ini, jumlah hewan kurban diperkirakan sebanyak 35 ribu ekor.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Peternakan Sumatera Barat, Erinaldi, di Padang, Senin (7/8). Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat jumlah hewan kurban itu turun, antara lain, faktor ekonomi karena masyarakat sudah menggunakan uang untuk Idulfitri dan membeli perlengkapan sekolah bagi anak-anaknya.

“Dari survei kami ke masjid-masjid di Sumbar, masjid yang biasanya berkurban tujuh ekor sapi, kini hanya berkuban empat ekor sapi,” ucapnya.

Mengenai pasokan hewan kurban pada tahun ini, Erinaldi mengatakan, dari 35 ribu hewan kurban itu, 20 ribu di antaranya didatangkan dari Pesisir Selatan, 5 ribu dari beberapa kabupaten lain di Sumbar, seperti Payakumbuh, Agam, Tanah Datar, dan Solok.

“Biasanya masyarakat membeli sapi untuk kurban beratnya sekitar 200 kilogram. Sebagian besar masyarakat tidak mampu membeli sapi berbadan besar karena mahal. Sapi dengan berat 200 kilogram itu banyak di Pesisir Selatan. Di Payakumbuh, misalnya, sapinya besar-besar. Selain dari daerah-daerah di Sumbar, sapi kurban didatangkan dari Lampung, Palembang, dan Jawa,” tuturnya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]