Fit and Proper Test Calon Panwaslih, Mentawai dan Padang Tersingkir


Selasa, 08 Agustus 2017 - 10:49:20 WIB
Fit and Proper Test Calon Panwaslih, Mentawai dan Padang Tersingkir Peserta calon pengawas pemilu kabupaten/kota saat mengikuti uji kelayakan oleh Ketua Bawaslu Sumbar, Elli Yanti dan anggota Aermadepa dan Surya Efitrimen. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM Sejumlah pengawas pemilu (incumben) yang mengikuti tes pengawas pemilihan (Panwaslih) kabupaten/kota se-Sumbar tersingkir, karena tidak lagi memenuhi syarat.

Berpengalaman menjadi pengawas pemilu tidak jaminan untuk kembali terpilih, misalnya saja pada perekrutan anggota panwaslu kabupaten/kota yang dilaksanakan beberapa pekan lalu. Sejumlah pengawas di kabupaten/kota tidak lagi terpilih dan digantikan oleh yang lebih memenuhi kriteria untuk mengawal pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Elli Yanti mengatakan, pengawas yang terpilih ini memenuhi syarat yang diminta oleh kriteria yang diberikan dari pusat. Kriteria itu, di antaranya mereka harus mempunyai integritas, jiwa kepemimpinan, paham soal kepemiluan, dan mampu bekerja secara tim serta sejumlah syarat lainnya.

Setelah kami menerima enam orang dari timsel, maka kami lakukan uji kepatutan dan kelayakan. Dari sinilah kami melihat bagaimana kemampuan masing-masing dengan pemahamannya terkait UU, pemilu, dan semua regulasi yang ada berkaitan dengan kepemiluan, jelasnya, Minggu (6/8).

Terkait banyaknya incumben pengawas yang sudah berpengalaman, tapi dilengserkan oleh pendatang baru, kata Elli, pada saat uji kelayakan dan kepatutan ada beberapa syarat yang tidak terpenuhi.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 17:45:48 WIB

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test 

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test  PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 130 calon walinagari (Cawanag) jalani seleksi fit and propert tes di Kampus STAI YDI Lubuksikaping, Selasa (25/2). Mereka berasal dari 16 nagari dari total 24 nagari yang bakal menggelar .
  • Sabtu, 05 Oktober 2019 - 01:14:24 WIB

    Fitri Nora dari Gerindra, Perempuan Pertama Ketua DPRD Kota Pariaman

    Fitri Nora dari Gerindra, Perempuan Pertama Ketua DPRD Kota Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyak Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat Paripurna Pengucapan sumpah pimpinan di Aula DPRD Kota Pariaman, Jumat (4/10) sore..
  • Senin, 15 April 2019 - 18:37:50 WIB

    Difitnah Karena Dukung PAS, Fahira: Umat Semangkin Cinta UAS

    Difitnah Karena Dukung PAS, Fahira:  Umat Semangkin Cinta UAS  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-- Senator atau anggota DPD RI Fahira Idris menilai fitnah keji terhadap Ustad Abdul Somad (UAS) lewat media sosial tidak akan menggoyahkan kecintaan umat terhadap UAS..
  • Rabu, 15 Februari 2017 - 17:03:22 WIB

    Suwandel-Fitrial Menang di Lapas II B Payakumbuh

    Suwandel-Fitrial Menang di Lapas II B Payakumbuh PAYAKUMBUH, HALUAN – Pasangan Calon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri menang di Lembaga Permasyarakatan II B Payakumbuh dalam Pilkada Serentak Walikota – Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022, 15 Februa.
  • Senin, 26 September 2016 - 12:08:16 WIB
    Pilkada Payakumbuh

    Dukungan NasDem Payakumbuh ke Suwandel - Fitrial Tanpa SK DPP

    Dukungan NasDem Payakumbuh ke Suwandel - Fitrial Tanpa SK DPP Dinamika ini tentu saja merugikan NasDem yang memiliki 2 kursi di DPRD Payakumbuh. Dengan kekuatan itu, NasDem seyogyanya bisa jadi pengusung, dan tak sekadar pendukung.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]