Petani Pasbar, Panen 30 Ton Jagung per Hari


Selasa, 08 Agustus 2017 - 16:48:22 WIB
Petani Pasbar, Panen 30 Ton Jagung per Hari Bupati Pasbar H Syahiran bersama Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Memi Zesmita panen perdana di Nagari Persiapan Ophir. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Kabupaten Pasbar memiliki luas wilayah 388,77 km² dengan 216 jorong 213.097 ha areal perkebunan dan 13.105 hektare luas areal pertanian. Dengan luas lahan sebesar itu, panen jagung sehari mencapai 30 ton per hari.

Bupati Pasbar, Syahiran ketika panen jagung di Nagari Persiapan Ophir mengatakan, Kabupaten Pasbar telah mendukung peningkatan produksi dan produktifitas jagung dalam rangka menunjang swasembada pangan.

"Dalam menunjang hal tersebut Pasbar telah melaksanakan kegiatan bantuan benih jagung hibrida untuk seribu ha untuk 11 kecamatan 394 kelompok tani dan 9.850," tandas Syahiran, Selasa (8/8).

Ia menambahkan, jagung di Pasbar pernah menduduki terbanyak di Sumbar. Sekarang produksi jagung petani juga semakin meningkat dengan luar lahan jagung mencapai 3 ribu ha di Pasbar.

"Ada yang menanam jagung dengan peremajaan sawit. Saya pribadi berharap tanaman jagung ini jangan diganti dengan sawit. Sebab, tanaman sawit Sekarang tidak terlalu membanggakan hasilnya, kadang harga naik kadang turun,"tandas Syahiran.

Ia juga menekankan agar petani terus belajar teknologi pertanian. Sebab, semakin hari tantangan petani semakin berat.

"Salah satunya hama tanaman, makanya petani harus terus belajar,"tutur Syahiran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Memi Zesmita mengatakan, pertanian jagung di Pasbar diharapkan bisa menunjang perekonomian masyarakat. Terbukti hasil panen masyarakat semakin tinggi.

"Bibit jagung yang dipilih oleh petani juga berkualitas. Kita juga memberikan bantuan bibit jagung kepada petani sebanyak 9.850 petani,"kata Memi Zesmita.(h/ows)

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]