Sebelum Tertangkap, Mahasiswa Sudah Diimbau Tak Masuki Samanud


Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:33:25 WIB
Sebelum Tertangkap, Mahasiswa Sudah Diimbau Tak Masuki Samanud ilustrasi Polisi Mesir sedang berjaga
“Dulu mereka tinggal di sana. Dulu daerah itu belum dilarang untuk dimasuki orang asing. Akan tetapi,sejak pemerintahan baru daerah itu, tempat itu dilarang dimasuki orang asing,” ujar Alfatih. 
 
Ia menjelaskan, pada tahun ini, dua mahasiswa itu pindah ke Kairo.Beberapa barang-barang mereka tinggal di Desa Samanud itu. Pada hari H ditangkap pihak keamanan Markaz Aga, mereka sedang berada di sana untuk mengambil barang yang tersisa. Pada pukul dua dini hari waktu setempat, mereka keluar untuk mencari minuman. Padahal, ketika itu, polisi berkeliaran di mana-mana.
 
“Minuman yang mereka beli itu bukan minuman beralkohol, melainkan minuman biasa. Mereka mencari minuman ke luar rumah karena dirumah mereka tidak ada apa-apa karena rumah itu sudah lama ditinggalkan,” tuturnya.
 
Sebagai upaya untuk membebaskan dua mahasiswa itu, sejauh ini, kata Alfatih, Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau di Mesir sudah berkoordinasi dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia dan KBRI Kairo. Menurut KBRI, masalah tersebut bukan urusan yang bisa ditangani mahasiswa lagi karena hal itu menyangkut diplomasi antarnegara. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]