Jumlah Pendamping Medik JCH Dinilai Kurang


Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:45:04 WIB
Jumlah Pendamping Medik JCH Dinilai Kurang

PADANG, HALUAN - Betti menilai pendamping dari medis Jamaah Calon Haji (JCH) saat ini kurang, karena dengan jumlah JCH yang sekian banyak dalam satu Kloter hanya didampingi oleh 1 orang dokter dan 2 orang perawat.

Hal ini disampaikan oleh Hj. Betti Shadiq Pasadigue saat melepas CJH kloter 12 embarkasi Padang di Aula Asrama haji Perupuk Tabiang, Padang, Selasa (8/8) malam.

Sebelumnya, kata Betty, Komisi IX DPR RI telah mengusulkan untuk penambahan tenaga medis yang mendampingi JCH asal Indonesia dengan 2 orang dokter dan 3 orang perawat perkloter dan telah disetujui.

"Saya terkejut juga melihat hanya 3 orang medis yang mendampingi, mungkin ini dikarenakan pemotongan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah beberapa waktu lalu," kata Anggota Komisi IX DPR RI asal dapil Sumbar satu ini.

Ditambahkannya, pihaknya selalu memberikan yang terbaik untuk rakyat, tapi harus bagaimana lagi, kondisi keuangan Negara yang saat ini belum memungkinkan untuk itu.

"Ini salah satu dampaknya pemasukan negara tidak sesuai dengan yang direncanakan awalnya," terang Betti.

Tidak hanya itu, Betty yang juga tim pengawas kesehatan Jamaah Haji Indonesia mengucapkan terimakasih kepada seluruh petugas medis yang telah melakukan tugasnya dan memberikan pelayanan terhadap seluruh JCH.

"Para JCH untuk selalu menjaga kesehatan, serta memperbayak mengonsumsi air putih, karena saat ini suhu disana sangat panas," katanya.

Nanti dari Komisi IX juga ada yang langsung datang ke tanah suci, guna memastikan kondisi para jamaah yang sedang menjalani ibadah disana.

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah (Kemenag) Sumbar yg diwakili oleh Drs. H. Maswar, MA menyampaikan bahwa ke tanah suci haruslah meninggalkan semua atribut di Indonesia, baik itu pangkat jabatan dan lainnya.

"Semua JCH berada dalam posisi yang sama, apalagi ketika memakai pakaian ihram," kata Maswar.

Selain khusuk dalam menjalankan ibadah, agar mendapat haji yg mabrur, juga ada beberapa hal yg harus dijaga oleh jemaah.

"Bagi JCH yg tidak patuh kepada aturan dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dalam pelaksanaan ibadah,"ujarnya.

Selanjutnya, Walaupun kloter 12 berasal dari daerah yg berbeda tapi harus tetap menjaga kekompakan, dan selalu sabar

PLT Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah haji (PIH) Kemenag Sumbar Syamsuir Ilyas mengatakan JCH kloter 12 Embarkasi Padang asal Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Dharmasraya dan Kota Padang.

"Total JCH kloter 12 ini 391 orang. Mereka berasal dari Tanah Datar 301 orang, Kota Padang 84 orang, Kab Dharmasraya 1 orang dan 5 orang petugas" kata Syamsuir.

JCH kloter 12 di mekah akan menempati maktab 7 dengan nomor rumah 602 sektor 6 wilayah Syisyah. JCH embarkasi Padang yang sudah diberangkatkan ke Madinah sampai kloter 11 yang jumlahnya mencapai 4.272 orang. (h/mg-hen)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]