Tingkatkan Kemampuan Teknik, 250 Khensi Kempo Sumbar  Ikuti Ghasami


Ahad, 13 Agustus 2017 - 23:45:42 WIB
Tingkatkan Kemampuan Teknik, 250 Khensi Kempo Sumbar  Ikuti Ghasami Ghasami--Para khensi Kempo dari berbagai Dojo di Sumbar mengikuti Ghasami sebagai ajang kenaikan tingkat dan latihan bersama dalam rangka peningkatan kemampuan teknik di Gedung Beladiri komplek Gor Agus Salim Padang, Minggu (13/8) YUTIS WANDI

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 250 orang khensi (atlit) dari berbagai dojo di Sumbar mengikuti ujian kenaikan tingkat dan latihan bersama (Ghasami) yang digelar oleh Pengurus Provinsi Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Sumbar di Gedung beladiri Komplek Gor H. Agus Salim Padang, Minggu (13/7).

Ujian kenaikan tingkat ini merupakan kegiatan rutin yang digelar 3 bulan sekali untuk menguji kemampuan para khensi di daerah itu.

Ketua bidang pembinaan prestasi Perkemi Sumbar Boer Hendra mengungkapkan, dari tahun ke tahun perkembangan olahraga kempo di Sumbar selalu menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat setiap tahunnya. 

"Pesertanya terdiri dari peserta ujian  Kyu 1 sebanyak  9 orang, kyu 2 sebanyak 32 orang,  kyu 3 sebanyak 53 orang, kyu 4 sebanyak  46 orang  dan kyu 5 sebanyak 23 orang. Seluruhnya dinyatakan lulus ujian ke tingkat (kyu) berikutnya," kata Boer yang menyandang V Dan ini.

Pihaknya berharap, dengan menggelar Gashuku (ujian kenaikan tingkat) rutin ini, akan berdampak besar untuk perkembangan kempo di berbagai daerah di Sumbar. Momentum ini sekaligus untuk ajang mencari bibit atlit yang akan membela daerah dalam berbagai ivent dan kejuaraan.

"Ujian ini sekaligus menjadi ajang untuk memantau potensi atlit yang akan mengikuti berbagai kejuaraan seperti Porprov, PON Remaja, dan PON. Dari situ kita bisa melihat sejauh mana penguasaan teknik para khensi," bebernya.

Pada setiap ivent dan kejuaraan nasional kata Boer para khensi asal Sumbar selalu berhasil meraih prestasi yang mengharumkan ranah minang.

Pada pelaksanaan PON di Jawa Barat tahun lalu misalnya, Khensi Kempo Sumbar mampu menyumbangkan 2 emas 2 perak dan 1 perunggu bagi kontingen tuah sakato. 

Bahkan kata Boer, para khensi asal Sumbar  berkali-kali mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan sekelas Seagames dan kejuaraan internasional lainnya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]