Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya


Senin, 14 Agustus 2017 - 17:42:10 WIB
Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya Baliho Emzalmi-Desri Ayunda di salah satu kawasan di Jalan Veteran, Padang, Senin (14/4). HOLY ADIB

Saat ditemui Dian Fakri waktu itu, Emzalmi berjanji menginstruksikan anggotanya agar membuka semua poster yang dipasang di tempat-tempat yang dilarang dan bertentangan dengan Perda.

"Pak Emzalmi juga meminta maaf dan ia juga tidak berniat untuk melanggar aturan, mungkin karena antusias dari anggota tim sukses yang bersemangat makanya dipasang saja di semua tempat. Dalam waktu dekat, tim sukses akan membongkar semua poster itu," katanya.

Pada saat itu Dian Fakri menegaskan, jika kurun waktu sepulih hari ke depan poster tersebut belum dibuka, Satpol PP Padang akan membantu untuk membongkarnya.

Namun, Sat Pol PP di bawah kepemimpinan Dian Fakri belum menertibkan baliho dan poster tersebut hingga Kasat Pol PP Padang dijabat oleh Yadrison dalam minggu kemarin.

Ketua Pemenangan Emzalmi-Desri Ayunda, Marzuki Oemar, menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat atas pemasangan poster dan baliho itu. Ia juga mengakui pemasangan poster tersebut tidak tepat dan menyalahi aturan.

"Namanya anak muda, ya. Anggota kami di lapangan ini kan banyak muda-muda. Jadi, karena semangat dan antusias mereka, dipasang saja di tempat-tempat yang menurut mereka strategis. Tapi, dalam waktu dekat kami akan membuka semua poster yang terpasang di tempat-tempat umum yang dilarang," ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat dan pihak-pihak yang memberikan perhatian dan masukan kepada pihaknya karena hal itu akan menjadi perhatian juga bagi timnya agar lebih berhati-hati ke depannya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu Sumatra Barat, Elliyanti, mengatakan, menurut aturan, poster dan baliho sebagai salah satu alat peraga kampanye (APK) hanya boleh dipasang pada jadwal yang ditentukan. Karena itu, ia menilai pemasangan poster dan baliho bakal calon kepala daerah di luar jadwal aturan merupakan pembelajaran politik yang buruk bagi masyarakat. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 Agustus 2017 - 18:22:42 WIB

    Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak

    Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang, Budi Baya, menyatakan bahwa baliho Adib Alfikri tidak dikenai pajak karena tidak termasuk baliho iklan komersial. .
  • Senin, 02 November 2015 - 19:06:57 WIB

    Baliho Sepi, Pemilih Pemula Sulit Tentukan Pilihan

    PADANG, HALUAN— Pe­milihan umum (Pemilu) kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2015 mendatang, masih belum terasa ga­ung­nya di tengah-tengah masya­rakat Kota Padang, khusu.

  • Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:20:04 WIB

    Baliho Mantan Kepala Daerah Peserta Pilkada Harus Diturunkan

    INSTRUKSI GUBERNUR

    PADANG, HALUAN — Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek mengultimatum seluruh bupati/walikota untuk menurunkan baliho maupun spanduk yang masih memuat gambar kepala .

  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:54:36 WIB

    Baliho dan Spanduk Cakada Sumbar Diturunkan

    SETELAH PENETAPAN KPU

    PADANG, HALUAN—Sete­lah calon kepala daerah (cakada) Sumbar ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) seluruh alat pe­raga kampanye (APK) seperti baliho.

  • Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:04:51 WIB

    MK Siap Cabut Baliho ASDA

    PADANG, HALUAN — Pe­makaian slogan ASDA oleh pasangan calon Gubernur Sumatera Barat mulai me­nuai protes. Anggota DPR RI asal Sumatera Barat H Epyardi Asda menyesalkan pemakaian slogan ASDA oleh salah .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]