Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT


Senin, 14 Agustus 2017 - 20:26:17 WIB
Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT dr. Harnavi Harun, SPPD-KGH, dokter RSUP M Djamil Padang bersama pasien penyakit kronis, Suparman. IST

“Kami juga aktif memberikan edukasi pada pasien di lapangan melalui klub Prolanis,” katanya.

Tetapi tak dipungkiri masih ada yang enggan mengikuti program ini karena pemahaman yang keliru. Menurut mereka, pengobatan penyakit kronis lebih baik di rumah sakit karena obat yang diberikan lebih bagus. Tetapi melalui edukasi rutin, diharapkan ke depan masyarakat dapat menyadarinya.

Baca Juga : Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau

Karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar JKN-KIS bisa terlaksana dengan baik. Sebab program JKN-KIS  yang didalamnya ada PRB, sangat membantu masyarakat dalam pemerataan pelayanan kesehatan yang menjangkau seluruh lapisan.

“Kami sangat mendukung program JKN-KIS dan PRB. Pelayanan kesehatan tanpa melibatkan masyarakat secara aktif dan sadar untuk hidup sehat, maka Indonesia sehat sulit tercapai,” katanya. 

Baca Juga : DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang

Untuk teman sejawat, dia mengimbau jika kondisi pasien di rumah sakit sudah terkontrol maka segera kembalikan ke FKTP dengan memberikan edukasi agar mereka paham PRB.

“Sedangkan BPJS sendiri, kami berharap pelaksanaan mentoring pada sejumlah klinik yang belum siap dan paham tentang pelaksanaan PRB,” katanya.

Baca Juga : Terumbu Karang Rusak, Nelayan di Tiku Mengeluh

Dan satu kata untuk BPJS Kesehatan adalah, PRB harus diteruskan karena sangat memudahkan masyarakat untuk mengontrol kesehatannya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Januari 2021 - 22:43:48 WIB

    Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau

    Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau Satu individu bunga langka dan dilindungi jenis Rafflesia Tuan-Mudae mekar sempurna di kawasan hutan Cagar Alam Maninjau, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Rabu (20/1/2021) kemarin. .
  • Selasa, 19 Januari 2021 - 18:15:59 WIB

    DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang

    DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang Dalam rangka untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau bernilai ekonomis, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengupayakan bibit tanaman produktif di Kota Padang..
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 23:17:49 WIB

    Terumbu Karang Rusak, Nelayan di Tiku Mengeluh

    Terumbu Karang Rusak, Nelayan di Tiku Mengeluh Sejumlah nelayan di Tiku, Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam mengeluh banyaknya terumbu karang yang rusak. Akibatnya, hasil tangkapan mereka mengalami penurunan. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten, Agam Ar.
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 18:29:32 WIB

    Pembersihan Sampah Pantai Padang Terkendala Alat Berat

    Pembersihan Sampah Pantai Padang Terkendala Alat Berat Tumpukan sampah yang belum tertangani hingga saat ini diduga lantaran keterbatasan peralatan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menyebut penanganan sampak di Kota Padang mesti menggunakan alat berat dari Dinas Pekerjaa.
  • Sabtu, 16 Januari 2021 - 22:13:44 WIB

    Walhi: Tambang Emas Ilegal Gasak Ribuan Hektare Hutan Lindung

    Walhi: Tambang Emas Ilegal Gasak Ribuan Hektare Hutan Lindung Setidaknya seluas 5.000 hektare hutan lindung yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Barat sejak kurun lima tahun terakhir rusak akibat maraknya aktivitas tambang emas ilegal..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]