Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT


Senin, 14 Agustus 2017 - 20:26:17 WIB
Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT dr. Harnavi Harun, SPPD-KGH, dokter RSUP M Djamil Padang bersama pasien penyakit kronis, Suparman. IST

“Kami juga aktif memberikan edukasi pada pasien di lapangan melalui klub Prolanis,” katanya.

Tetapi tak dipungkiri masih ada yang enggan mengikuti program ini karena pemahaman yang keliru. Menurut mereka, pengobatan penyakit kronis lebih baik di rumah sakit karena obat yang diberikan lebih bagus. Tetapi melalui edukasi rutin, diharapkan ke depan masyarakat dapat menyadarinya.

Karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar JKN-KIS bisa terlaksana dengan baik. Sebab program JKN-KIS  yang didalamnya ada PRB, sangat membantu masyarakat dalam pemerataan pelayanan kesehatan yang menjangkau seluruh lapisan.

“Kami sangat mendukung program JKN-KIS dan PRB. Pelayanan kesehatan tanpa melibatkan masyarakat secara aktif dan sadar untuk hidup sehat, maka Indonesia sehat sulit tercapai,” katanya. 

Untuk teman sejawat, dia mengimbau jika kondisi pasien di rumah sakit sudah terkontrol maka segera kembalikan ke FKTP dengan memberikan edukasi agar mereka paham PRB.

“Sedangkan BPJS sendiri, kami berharap pelaksanaan mentoring pada sejumlah klinik yang belum siap dan paham tentang pelaksanaan PRB,” katanya.

Dan satu kata untuk BPJS Kesehatan adalah, PRB harus diteruskan karena sangat memudahkan masyarakat untuk mengontrol kesehatannya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]