Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT


Senin, 14 Agustus 2017 - 20:26:17 WIB
Ada Program Rujuk Balik, Pasien Penyakit Kronis Bisa Mendapat Obat di FKPT dr. Harnavi Harun, SPPD-KGH, dokter RSUP M Djamil Padang bersama pasien penyakit kronis, Suparman. IST

Salah seorang pasien Program Rujuk Balik (PRB), Suparman (65), membenarkannya. PRB sangat membantunya dalam mengontrol penyakit hipertensi yang dideritanya sejak 12 tahun lalu. Warga Perumnas Pegambiran, Padang ini melanjutkan pengobatan di FKTP Intansari.

“Saya biasanya berobat ke RS Selaguri. Setelah menjalani beberapa kali pengobatan, kemudian saya minta dirujuk balik ke FKTP Intansari. Saya rutin konsultasi di FKTP  dan mendapatkan obat yang sama untuk dikonsumsi sebulan,” katanya.

Pensiunan RSUP M Djamil Padang ini sudah mengikuti PRB sejak 3 tahun lalu. FKTP Intansari yang tak jauh dari rumahnya, juga melayaninya dengan baik. Kadang pihak FKTP menghubunginya menanyakan perkembangan penyakitnya. Tak mengherankan jika akhirnya Suparman kenal dengan seluruh tenaga medis di FKTP tersebut.

Namun tidak semua pasien seperti dirinya. Beberapa rekan dengan penyakit yang sama dengan dirinya, sering diajak untuk ikut PRB, tetapi mereka enggan.

“Ada beberapa teman saya tidak mau ikut PRB. Mereka tetap berobat ke rumah sakit. Akhirnya proses pengobatannya tidak teratur,” katanya.

Untuk BPJS, Suparman berharap, agar memberikan pemahaman yang sama pada FKTP agar pasien mau ikut PRB. Selain itu, juga ketersediaan obat di FKTP ditingkatkan. (h/*)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]