Rayakan Hari Kemerdekaan, Pasaman Helat Pageleran Multi Etnis


Selasa, 15 Agustus 2017 - 11:11:55 WIB
Rayakan Hari Kemerdekaan, Pasaman Helat Pageleran Multi Etnis Ilustasi/Haluan

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Masih dalam rangkaian memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, mengadakan pagelaran kesenian multi etnis, Minang, Tapanuli, Mandahiling dan kesenian Jawa, 16-17 Agustus.

Kepala Bagian Humas Pemkab Pasaman, Anwir Salam mengatakan, selain melestarikan seni budaya daerah, pagelaran seni multi etnis itu diselenggarakan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan. 

"Pagelaran kesenian multi etnis ini akan mempertontonkan kesenian empat etnis yang ada di Pasaman, yakni minang, tapanuli, mandahiling dan kesenian jawa," kata Anwir.

Pagelaran itu, kata Anwir diikuti oleh pelajar dari ditingkat pertama dan lanjutan di daerah itu. Masing-masing peserta, kata Anwir, akan menampilkan lagu lagu daerah dari keempat etnis itu. 

"Lagu yang akan ditampilkan adalah lagu lagu daerah dari etnis masing-masing. Ada lagu minang, tapanuli, mandahiling dan jawa," katanya. 

Selain itu, kata dia, sejumlah kesenian ciri khas dari masing-masing etnis itu juga akan ditampilkan, seperti kesenian ronggeng, gordang sembilan, reog ponorogo dan saluang dangdut.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 13:48:31 WIB

    Rayakan Hari Tanpa Bayangan, Pemkab Pasaman Gelar Festival Equator

    Rayakan Hari Tanpa Bayangan, Pemkab Pasaman Gelar Festival Equator PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah agenda kegiatan disusun dalam rangka perayaan fenomena alam titik kulminasi, 23 Maret 2020 di Tugu Equator, Bonjol, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman..
  • Senin, 07 Januari 2019 - 10:01:08 WIB
    MAKAN 15 RIBU TUSUK SATE IKAN, BUKA 2.224 LOWONGAN KERJA HINGGA APBD RP 1 T

    Masyarakat Dharmasraya Rayakan Hari Jadi Kabupaten ke-15

    Masyarakat Dharmasraya Rayakan Hari Jadi Kabupaten ke-15 .
  • Jumat, 21 Desember 2018 - 15:31:05 WIB

    Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tidak Rayakan Tahun Baru

    Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tidak Rayakan Tahun Baru PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi imbau masyarakat Payakumbuh agar tidak mengadakan pesta pergantian tahun baru dengan acara yang mengandung maksiat, hura-hura, pesta kembang api, dan, petasan yan.
  • Jumat, 10 Februari 2017 - 17:32:33 WIB

    Rayakan HUT, Gerindra Konvoi di Payakumbuh

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Merayakan Ulang tahunnya yang ke 9, partai Gerindra melakukan konvoi dana arak-arakan di pusat Kota Payakumbuh, Rabu (8/2). Momen ulang tahun ini dimanfaatkan juga untuk berbaur kepada masyarakat untuk .
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 02:41:36 WIB

    SMAN 2 Merayakan HUT RI ke-71

    SMAN 2 Merayakan HUT RI ke-71 PADANG PANJANG, HALUAN — Se­kolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Padang Panjang tidak ketinggalan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-71, dengan hiburan murah meriah. Perayaan tersebut diawali senam bersama guru dan pelaj.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]