Wow! SPG Rokok Akan Dilarang Beredar di Padang


Selasa, 15 Agustus 2017 - 17:57:23 WIB
Wow! SPG Rokok Akan Dilarang Beredar di Padang Ilustasi/Haluan

Di sisi lain, kata Muharlion, dalam revisi perda itu juga dibahas kawasan tanpa rokok, yakni tempat ibadah, sekolah, dan sarana kesehatan. Di tempat-tempat itu, perokok dilarang merokok, kecuali di luar pagar. Iklan rokok juga dilarang untuk dipasang di tempat-tempat itu.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Andalas, Edi Indrizal, menanggapi, nama Perda KTR harus sesuai dengan isinya. Kata “kawasan” pada perda KTR mengacu kepada zonasi. Artinya, ada kawasan yang diperbolehkan iklan rokok dan ada yang dilarang. Jadi, berdasarkan nama perdanya, seharusnya bukan pelarangan iklan rokok, tetapi pengaturan iklan rokok karena pelarangan iklan rokok berarti bertujuan melarang rokok.

Menurutnya, posisi Pemko Padang pada Perda KTR juga mengayomi semua pihak terkait dengan perda itu. Ia membenarkan bahwa iklan rokok mempengaruhi generasi muda untuk merokok. Namun, Pemko Padang juga harus mempertimbangkan masyarakat yang terkena dampak pelarangan iklan rokok itu, seperti pengusaha periklanan dan pedagang rokok. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]