Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik


Jumat, 18 Agustus 2017 - 09:57:11 WIB
Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik Foto bersama perwakilan Semen Padang, Korem 032 dan masyarakat Jorong Gumali Bukit Jariang, Nagari Guguak Kuranji Ilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.ist

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) warga Jorong Gumali Bukit Jariang, Nagari Guguak Kuranji Ilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, sejak 15 Agustus 2017 serasa baru merasakan kemerdekaan. Kampujng mereka bisa terang benderang dua hari menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-72 diperingati.

"Sejak saya kecil memang daerah ini belum pernah ada listrik, dan baru saat ini setelah 72 tahun merdeka berkat adanya bantuan dari pihak PT Semen Padang dan TNI, di saat usia senja saya tahu rasanya saat malam hari ada lampu yang menerangi setiap sudut rumah ini," kata Maimunah (75 th), warga yang tinggal di atas bukit Jorong Gumali Bukit Jariang.

Senada dengan Mak Maimunah, Yanti (32) yang memiliki bayi berusia 1,5 tahun, selama ini saat malam warga memanfaatkan lampu minyak sebagai penerangan. Karena kampungnya gelap di malam hari, usai Shalat Isya, warga sudah sudah tidur.

"Dengan bantuan penerangan ini semua masyarakat di daerah ini sangat terbantu, tidak hanya bagi pendidikan anak-anak di rumah yang ingin belajar saat malam hari, namun juga aktivitas ibadah, hingga pekerjaan para orang tua-tua disini yang umumnya merupakan petani," jelasnya.

Jajaran Kodam I/BB melalui Korem 032 Wirabraja yang menggandeng PT Semen Padang meluncurkan program Bukit Barisan Bersinar Semen Padang, untuk membantu masyarakat mendapatkan haknya menikmati penerangan di rumah, tempat ibadah, sekolah, tempat bermain dan penerangan jalan umum. Untuk kegiatan ini, PT Semen Padang menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,1 miliar yang pengalokasiannya dilaksanakan selama dua tahap, yakni Rp500 juta untuk tahun 2017 dan Rp600juta untuk tahun 2018 dengan target 1.000 rumah di Padang Pariaman.

Peresmian program Bukit Barisan Bersinar di Jorong Gumali Bukit Jariang itu dilaksanakan oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, yang dihadiri Direksi Semen Padang diwakili Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum Iskandar Z Lubis, Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Peresmian program itu ditandai dengan penandatanganan prasasti pemakaian Lampu Tentara Rakyat (Lamtera) di daerah tersebut, pada Selasa malam (15/8).





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Juli 2017 - 10:28:42 WIB

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan AGAM, HALUAN - Sebagai kritik terhadap lambanya perbaikan jalan Palembayan, masyarakat setempat memasang rambu dari kertas karton menjelang lebaran Idul Fitri lalu bertuliskan,"Maaf Jalan Kami Rusak"..
  • Ahad, 02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Ahad, 07 Agustus 2016 - 12:41:25 WIB

    Iven Funbike Padang Panjang Banjir Hadiah

    Iven Funbike Padang Panjang Banjir Hadiah PADANG PANJANG, HALUAN - Ibarat mendapat durian runtuh, lebih dari seratus orang peserta funbike memeriahkan TdS etape 4 yang di gelar Pemerintah Kota (Pemko) membawa pulang hadiah, setelah mengikuti iven yang digelar pagi t.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:13:37 WIB

    Walikota Serahkan Hadiah Pemenang DDS

    Walikota Serahkan Hadiah Pemenang DDS BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias serahkan hadiah untuk pemenang Lomba Di­dikan Subuh (DDS) tingkat Kota Bukittinggi tahun2016, Rabu (22/6) di ruang kerjanya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM