Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak


Jumat, 18 Agustus 2017 - 18:22:42 WIB
Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak Iklan Adib Alfikry di Simpang Ketaping, Padang, saat dipotret beberapa hari yang lalu. HOLY ADIB

Sebelumnya, Budi Payan menyatakan baliho Adib Alfikri tidak dikenai pajak reklame karena tidak termasuk reklame komersial.

Ia menjelaskan, reklame terbagi dua, yakni reklame komersial dan reklame bukan komersial. Reklame komersial adalah reklame berupa produk, sedangkan reklame tidak komersial misalnya, iklan sosial, iklan yang dibuat oleh organisasi massa, partai, orang pribadi yang bukan bersifat komersial. Reklame Adib Alfikri yang dipasang di banyak titik di Padang akhir-akhir ini adalah reklame sosial karena berisi imbauan kepada masyarakat untuk berbuat baik.

“Kami bekerja sesuai dengan perda yang ada. Dalam Perda Nomor 8 Tahun 2011, iklan komersial membayar pajak. Iklan tidak komersial tidak bayar pajak karena tidak menjadi objek pajak. Persepsinya itu harus diluruskan. Jangan bilang ini bayar, ini tidak bayar. Bukan begitu. Ini objek pajak, ini bukan,” tuturnya saat diwawancarai wartawan setelah diskusi publik tentang pelarangan iklan rokok di ruang publik di Inna Muara Hotel, Padang, Selasa (15/8).

Jadi, kata Budi Baya, pemasang iklan bukan komersial hanya membayar sewa kepada perusahaan periklanan yang memiliki tiang iklan tersebut karena tiang itu tidak milik Pemerintah Kota Padang. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]