Mahasiswa ISI Gelar Pameran di Taman Budaya


Senin, 21 Agustus 2017 - 01:54:53 WIB
Mahasiswa ISI Gelar Pameran di Taman Budaya PAMERAN ISI -- Mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang menggelar pameran di Taman Budaya Padang, 19-23 Agustus 2017.  DEBY

PADANG, HALUAN—Mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang menggelar pameran di Taman Budaya Padang. Kegiatan ini diadakan selama lima hari, dalam rangka mengikuti ujian akhir pascasarjana.

“Kegiatan Pameran yang bertemakan Sambilan Baleh ini digelar tanggal 19-23 Agustus dan terbuka untuk umum, serta penikmat berbagai hasil karya,” kata Ketua Pameran, Fariko Edwardi

Fariko mengatakan, dalam kegiatan pameran ini diikuti oleh 20 orang. Diantaranya, sebanyak 20 orang Desain Komunikasi Visual (DKV), Fotografi sebanyak 2 orang, Seni Rupa 1 orang, dan Seni Kriya 5 orang.

“Dalam pameran ini ditampilkan berbagai hasil cipta dan karya mahasiswa, diantaranya ada seni rupa, lukisan, desain grafis dan berbagai rancangan teknologi lainnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, tujuan utama dilakukan pameran ini ialah sebagai salah satu syarat untuk bisa meraih gelar Magister (S2). Untuk bisa meraih gelar Magister di ISI Padang Panjang bisa melalui dua jalur proses penelitian, yaitu melalui minat studi pengkajian dan minat studi penciptaan.

“Dalam kegiatan pameran ini, ditampilkan hasil karya dari mahasiswa yang berminat dalam studi penciptaan. Seluruh hasil karya ditampilkan dengan sebaik mungkin dalam pameran,” katanya.

Selain itu, pameran ini juga mewujudkan visi dan misi ISI Padang Panjang yang kembali ke konteks budaya melayu. Sebagian besar, yang ditampilkan adalah keunggulan dari daerah masing-masing mahasiswa, seperti sumber daya alam, perkembangan teknilogi, pendidikan dan kultur budaya masing-masing.

“Pameran ini memiliki keunggulan, diantaranya mengenalkan perkembangan teknologi dan menambah wawasan, serta ilmu pengetahuan kepada masyarakat tentang kultur budaya yang ada di beberapa daerah,”ucapnya.

Fariko sendiri, merupakan mahasiswa DKV ISI Padang Panjang. Dalam hal ini ia memperkenalkan 3D Puzzel Rumah Gadang. “3D Puzzel ini mengenalkan proses pembuatan rumah gadang orang minang kabau yang begitu penuh perhitungan dan bisa di bongkar pasang,” ucapnya.

Pegawai Taman Budaya, Nina Rianti mengatakan, sangat mendukung adanya pameran yang diadakan oleh mahasiswa pascasarjana ISI Padang Panjang di Taman Budaya. Hal ini karena, menampilkan kreativitas anak bangsa yang dapat membawa perubahan dalam kemajuan ilmu pendidikan.

“Banyak hal baru yang berhasil diciptakan dan dirancang oleh mahasiswa yang dapat dikenalkan kepada masyarakat. kerativitas dan adanya inovasi yang mereka ciptakan akan membawa pengaruh yang besar dalam kemajuan bangsa dan negara,” katanya. (h/mg-eby)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]