Ditinggal Partai Lain, Ruang Koalisi PKS di Pilkada Padang Menyempit


Senin, 21 Agustus 2017 - 20:06:58 WIB
Ditinggal Partai Lain, Ruang Koalisi PKS di Pilkada Padang Menyempit

PADANG, HALUAN – Empat partai besar di Padang, masing-masing  PPP, Gerindra, PKB dan Demokrat berada di belakang calon  walikota dan wakil walikota Padang, Andre Rosiade dan Maidestal Hari Mahesa yang di-lounching Senin (21/8) di Padang. Alhasil, cikal bakal koalisi ini mempersempit ruang partai lain untuk berkoalisi, salah satunya PKS yang notabene sudah menetapkan Mahyeldi.

Kendati demikian, PKS ternyata tetap pede menghadapi Pilkada yang akan berlangsung 2018 ini. Ketua DPD PKS Kota Padang Guffron menyebutkan pihaknya tak mau tergesa-gesa, dalam menentukan pilihan figur yang akan mendampingi Mahyeldi Ansyarullah   dalam Pilkada Kota Padang  2018 mendatang.

"Sebab, PKS akan mematangkan pilihan figur yang paling berpotensi menang pada pilkada mendatang, untuk mendampingi Mahyeldi Ansyarullah," katanya Senin (21/8) siang tadi.

Meski banyak partai besar di Kota Padang  menerima bahkan menyatakan dukungan kepada Mahyeldi Ansyarullah sebagai Walikota Padang,  PKS tak menjadikan pertimbangan hal tersebut sebagai pemilihan figur. Sebab, proses pilkada baru akan dilakukan akhir tahun mendatang. Meskipun demikian, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan partai lain, salah satunya adalah Golkar, PAN, Gerindra dan PPP.

"Kami tak mau tergesa-gesa, tapi yang jelas calon yang didukung PKS itu  yang menang. Seperti, Pilkada Kota Padang  lima tahun lalu. Bahkan di Pilgub Sumbar,  calon yang didukung PKS juga menang," tegasnya.

"Kota Padang  itu, banyak calon potensial. Sehingga, ide cuma satu calon saja itu terlalu dini untuk dimunculkan," katanya.

Pertimbangan lainnya,  dalam demokrasi semua orang berhak memilih atau dipilih.  "Bagi PKS siapapun yang menjadi Walikota Padang, yang penting bisa memberi kesejahteraan yang terbaik bagi masyarakat," pungkasnya.

Tentunya, PKS akan mengumumkan secara resmi pasangan yang akan diusung sebelum pendaftaran ke KPUD Kota Padang. Kemungkinan, akhir tahun ini masyarakat sudah mengetahui pasangan dari PKS. "Meskipun sudah banyak partai lain mendukung tokoh lain, tapi kami tetap optimis ada partai pendamping karena kursi kami tidak cukup," katanya.

Sebab, politik ini tidak ada yang tidak mungkin dan segala sesuatunya cepat berubah. Jadi, untuk apa tergesa-gesa.  "Selain itu, kami juga sedang menunggu keputusan dari DPP dan Dewan Syuro," tambahnya. (h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]