Perbatasan di Sumbar Jadi Sasaran Penyaluran Narkoba


Selasa, 22 Agustus 2017 - 10:41:19 WIB
Perbatasan di Sumbar Jadi Sasaran Penyaluran Narkoba Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Kumbul Kusdwijanto Sudjadi menyebut bahwa kawasan perbatasan kerap dijadikan lokasi transit dan peredaran barang haram narkoba untuk kemudian disalurkan ke daerah lain.

Hal itu dikatakannya usai menggelar jumpa pers terkait diamankannya dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Pasaman."Sudah cukup lama pengawasan kita lakukan di kawasan perbatasan. Hal ini sesuai dengan penyelidikan dan laporan baik dari pihak intelijen maupun peran aktif masyarakat yang sangat resah dengan peredaran narkoba. Koordinasi dengan setiap petugas kepolisian terdekat dan provinsi tetangga juga tidak pernah berhenti kita lakukan," ucap Kumbul.

Dalam tangkapan terbaru Polda Sumbar, Kumbul mengklaim pihaknya berhasil mengamankan dua orang pelaku berinisial H (28), seorang petani asal Bandar Dua Kelurahan Pulo, Kecamatan Taanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Naggroe Aceh Darussalam (NAD), dan G (35), warga Padang Lauh Gadang jalan Kampung Kajai, Kelurahan Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

"Penangkapan ini terjadi pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu sekitar pukul 14.45 WIB. Berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku berinisial H berhasil kami amankan di jalan raya kumpulan Bonjol depan Bank BRI unit Bonjol Kabupaten Pasaman. Satu paket besar sabu-sabu seberat 92,76 gram ditemukan dalam sebuah plastik warna hitam yang dibawa oleh pelaku," paparnya.

Tidak berhenti sampai disitu, interogasi yang dilakukan oleh petugas kepada pelaku untuk mengungkap pelaku baru dan memutus mata rantai peredaran narkoba tersebut membuahkan hasil dengan memunculkan satu pelaku lainnya, G yang ditangkap di pinggir jalan Desa Silapiang, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat .

"Saat pelaku kami amankan, tidak ada barang bukti (bb) yang kami sita. Namun, penggeledehan kita lakukan di kediamannya dan ditemukan sabu-sabu seberat 41,74 gram. Berdasarkan pengakuan kedua orang ini, barang tersebut berasal dari Aceh. Saat ini mereka sudah ditahan di sel Mapolda Sumbar," tutup Kumbul yang didampingi oleh Kabid Humas, Kombes Syamsi dan Kasubbdi Penmas Bid Humas, AKBP Nina Martini. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]