Batu Mirip Kelamin Pria Ada Hubungan Dengan Batu Batikam? Ini Penjelasan BPCB Sumbar


Selasa, 22 Agustus 2017 - 16:44:34 WIB
Batu Mirip Kelamin Pria Ada Hubungan Dengan Batu Batikam? Ini Penjelasan BPCB Sumbar Batu perkasa di Jorong Balai Tabuah Nagari Tanjung ditegakkan oleh warga setempat setelah sejak lama terabaikan begitu saja. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat sebut temuan batu tegak berbentuk jenis kelamin laki-laki di Jorong Balai Tabuah, Nagari Tanjung Sungayang, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, hanyalah nisan biasa, yang berasal dari zaman peradapan Islam. Selasa (22/8).

Kasi PPP BPCB Teguh Hidayat, kepada Harianhaluan.com mengatakan, terkait penemuan batu unik yang disebut batu perkasa itu, menyimpulkan sementara batu tersebut merupakan batu tanda kuburan atau batu nisan yang berkemungkinan kuat makam seorang tokoh yang cukup berpengaruh di daerah itu.

"Batu itu bukan batu dimasa pra sejarah tetapi sudah dimasa islam. Di sana juga ada batu-batu nisan yang lain dan ukurannya jauh lebih kecil dari batu perkasa itu. Untuk dugaan sementara batu itu berusia diatas seratus tahun, untuk mengetahui pastinya mesti diteliti dulu siapa orang yang mati itu, sampai saat ini masyarakat setempat juga belum tahu itu makam siapa," ujar Teguh.

Terkait mengenai penelitian lebih jauh tentang keberadaan batu perkasa itu, Kabid Teguh menyebutkan belum dapat menetapkan apakah batu itu akan diteliti mendalam atau tidak masih menunggu kebijakan, termasuk kebijakan Pemda.

"Kriteria untuk menetapkan suatu benda itu menjadi cagar budaya mesti memenuhi beberapa item persyaratan diantaranya memiliki nilai arti sejarah, memiliki nilai kebudayaan, berusia diatas 50 tahun dan sebagainya," ujarnya.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:47:24 WIB

    Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M

    Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Penerimaan royalti batu bara bagi Kota Sawahlunto dipastikan mengalami kenaikan. Dari target Rp4,94 miliar yang ditargetkan, dalam kurun waktu triwulan pertama sudah mencapai Rp4,63 miliar..
  • Selasa, 06 Maret 2018 - 13:36:57 WIB

    Dasa Wisma se-Sumbar Diresmikan di Batusangkar

    Dasa Wisma se-Sumbar Diresmikan di Batusangkar BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan Pencanangan Dasa Wisma se Sumatera barat di lapangan Cindua Mato, Batusangkar yang dihadiri oleh ketua PKK dari 19 kabupaten dan kota, Selasa (6/.
  • Selasa, 22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Kamis, 27 Juli 2017 - 13:39:05 WIB

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Lubang tambang batubara milik PT BA UPO yang berlokasi di Sawahluwung, Desa Rantih, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto disulap menjadi museum pendidikan. Peresmiannya ditandai dengan penggunting.
  • Kamis, 29 Juni 2017 - 15:11:57 WIB

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar BATUSANGKAR, HALUAN - Ribuan alumni SMA Negeri 1 Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tumpah ruah memadati Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, untuk menghadiri acara Reuni Lintas Angkatan dan Reuni Pe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM