Wah! Pensi dan Ikan Sasau "Merantau" ke Padang Pariaman, Warga Sekitar Danau Singkarak Risau


Selasa, 22 Agustus 2017 - 17:32:31 WIB
Wah! Pensi dan Ikan Sasau Ilustrasi Pensi (kerang air tawar) Foto Gentaandalas.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Walinagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar, Mulyadi menyampaikan, kerisauan atas terjadinya migrasi habitat pensi (kerang air tawar) dan ikan sasau khas Danau Singkarak menuju Kabupaten Padang Pariaman.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar Yulfitni Djasiran, dikatakannya dari hasil tinjauan Komisi IV ke Nagari Guguak Malalo pekan lalu, didapat informasi pensi dan ikan sasau yang biasa hidup di Danau Singkarak sudah sulit didapat.

Penyebabnya karena dua sumber makanan yang disukai masyarakat itu  banyak yang berimigrasi ke aliran sungai Padang Pariaman. Yakninya melalui terowongan PLTA Danau Singkarak. 

"Pensi dan ikan sasau kami sudah banyak yang merantau, sudah sulit didapat. Mereka berimigrasi ke Pariaman lewat terowongan, kalau ingin dapat pensi banyak masyarakat kami yang membeli ke Pariaman, diolah lagi disini," ujar Mulyadi  dihadapan rombongan Komisi IV DPRD Sumbar saat itu.

Menurut Yulfitni, dari pemaparan Mulyadi kepada dewan, nagari di selingkaran Danau Singkarak ini berharap ada teknologi yang bisa membuat ikan sasau dan pensi tetap betah di tempat asal mereka. Dengan demikian masyarakat di sana tak perlu jauh-jauh mengambil bahan mentah olahan pensi dan ikan sasau ke daerah tetangga. 

"Jika imigrasi itu terus berlanjut, yang dirugikan memang masyarakat di sekitar Danau Singkarak, dimana biaya produksi  mengolah pensi maupun ikan sasau jadi makanan akan lebih tinggi," papar Yulfitni, Selasa (22/8).

Selain persoalan imigrasi ikan sasau dan pensi, kepada rombongan Komisi IV Walinagari Guguak Malalo, Tanah Datar  juga menyampaikan keluhan terkait Keramba Jaring Apung (KJA) yang mulai marak di Danau Singkarak.Jika dibiarkan keberadaan KJA itu dikuatirkan akan membuat air Danau Singkarak tercemar, sama halnya yang terjadi pada Danau Maninjau.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]