Tersangka Korupsi UIN Diperiksa Maraton


Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:04:05 WIB
Tersangka Korupsi UIN Diperiksa Maraton Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Para tersangka kasus dugana korupsi pengadaan lahan untuk pembangunan kampus III Universitas Islam Negeri (UNI) Imam Bonjol, satu persatu mulai diperiksa penyidik pidana khusus, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar. Tidak menutup kemungkinan, penyidik akan melakukan penahanan.

Dalam kasus jilid II ini, penyidik sudah menetapkan lima orang tersangka. Empat orang pemilik tanah, dan satu tersangka lainnya pejabat dalam proyek pembebasan lahan.  Pemeriksaan para tersangka dilakukan secara bergantian. Hal itu dibenarkan Asisten Pidana Khusus Kejati Sumbar Dwi Samudji.

“Pemanggilan para tersangka telah dilakukan. Satu persatu dipanggil,” terang Dwi, Selasa (22/8) malam.

Selasa siang, satu saksi sudah dipanggil. Namun, Dwi belum dapat kepastian materi pemeriksaan, dan apakah tersangka memenuhi panggilan atau tidak. “Siang tadi (kemarin-red), dipanggil satu orang untuk diperiksa. Tersangka lainnya juga akan dipanggil secara bergantian,” lanjut Dwi Samudji.

Ketika ditanya, apakah akan ada penahanan terhadap tersangka, Dwi menyebut, semua tergantung penyidik.

“Kalau penyidik menganggap penahanan diperlukan, kemungkinan ditahan. Tapi kalau tidak, dan para tersangka dianggap tidak akan melakukan perbuatan yang menyulitkan penyidikan, seperti menghilangkan barang bukti atau melarikan diri, penahanan bisa tidak dilakukan,” sebut Aspidsus.

Penuntasan kasus ini tidak hanya dilakukan sendiri oleh Kejati Sumbar. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) turut serta melakukan penelusuran kemana saja dana hasil dugaan korupsi mengalir. Tim dari PPATK dikabarkan sudah bekerja sejak sebulan yang lalu. Sejumlah transfer rekening, atau pengiriman uang via bank dari orang-orang yang terlibat dugaan korupsi, sudah termonitoring.

Laporannya juga telah diserahkan ke penyidik pidana khusus Kejati Sumbar. Hasil itu nantinya akan menjadi landasan penyidik dalam melakukan pengembangan kasus.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]