Gubernur: Berhentilah Bertindak di Luar Kewenangan


Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:10:01 WIB
Gubernur: Berhentilah Bertindak di Luar Kewenangan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Humas Pemprov)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akhirnya melayangkan surat teguran kepada Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, Selasa (22/8). Surat inilah yang direspon Ferizal, dengan membekukan Surat Keputusan (SK) pelantikan tiga pejabat.

“Surat itu sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Sumatera Barat, melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, terkait dengan pengangkatan dan pelantikan dua pejabat tinggi pratama dan pengembalian jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Limapuluh Kota yang dilaksanakan Jumat (18/8) lalu,” terang Gubernur Irwan Prayitno.

Dalam surat itu, Gubernur Irwan menyebut, sampai Selasa (21/8), Wabup Limapuluh Kota Ferizal Ridwan belum melaporkan kepadanya keputusan dan tindakannya. Gubernur menegaskan, Wabup tidak memiliki kewenangan untuk itu. “Surat Mendagri tentang izin keluar negeri Bupati Irfendi Arbi dengan alasan penting, dan ditindaklanjuti dengan keputusan bupati tentang pelimpahan tugas dan kewenangan, tidak bisa jadi landasan pembenaran tindakan tersebut,” sebut Irwan.

Sebagai Plt, Ferizal harusnya tetap berkoordinasi dengan bupati terkait tindakan terhadap hal-hal strategis dan sangat prinsip yang berdampak pada aspek organisasi, kepegawaian dan keuangan daerah. Itu semua mesti dikonsultasikan dan mendapat persetujuan tertulis dari bupati.

Berkaitan dengan pengangkatan dan pelantikan  dua pejabat, tidak sesuai dengan diktum kedua dalam keputusan bupati tentang pelimpahan tugas dan kewenangan bupati dan sejumlah aturan. “Wakil bupati tidak berkedudukan sebagai pejabat pembina kepegawaian, sehingga tidak mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pejabat. Wabup melampui kewenangannya, tidak sesuai prosedur yang akibat hukumnya, keputusan dan tindakan tersebut tidak sah,” tulis gubernur dalam suratnya.

Gubernur meminta Wabup untuk segera menghentikan perbuatan hukum dan tindakan di luar kewenangannya. “Segera mengambil langkah-langkah dalam uapaya pengembalian kondisi dan situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan pemerintahan, mempedomani dan mematuhi ketentuan peraturan dalam pelaksanaan tugas,” papar Irwan Prayitno.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]