Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia


Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:23:35 WIB
Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia Dokumentasi Haluan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Randai, karya budaya seni pertunjukan khas Minangkabau, disahkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2017. Penetapan itu dilakukan dalam rapat penetapan WBTB Indonesia 2017, di hotel Millenium Jakarta, Selasa (22/8).

Ketua panel ahli penetapan WBTB, Pudentia MPSS, mengatakan bahwa randai layak menjadi WBTB Indonesia karena seni tradisi ini amat khas, yakni seni pertunjukan yang menggabungkan tarian berbasis silat, teater, dan musik.

Sekretaris panel ahli, Basuki Teguh Y, mengetok palu tanda ditetapkannya randai sebagai WBTB Indonesia, usai Kepala Dinas Kebudayaan, Taufik Efendi, didampingi Etweldi dan Kepala Badan Pelestarian Nilai-Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Riau, Kepri dan Bengkulu, Suherman, mempresentasikan usulannya.

Salah seorang panel ahli, Wiwiek Sipala, yang menekuni dan meneliti tari tradisional, juga mengapresiasi randai. Dia bahkan mengingatkan bahwa dahulu, randai dimainkan oleh kaum laki-laki saja. Sehingga untuk memerankan perempuan dalam cerita randai, laki-laki itu harus dirias menyerupai wanita.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 15:24:00 WIB

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Keputusan Kemenkumham yang memindahkan tempat penahanan Habib Bahar bin Smith untuk sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan,  menimbulkan reaksi yang beragam di kalangan war.
  • Jumat, 17 April 2020 - 15:23:29 WIB

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mencatat belanja pegawai masih mengalami kenaikan dalam realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan hal ini terj.
  • Senin, 13 April 2020 - 22:37:23 WIB

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos CIKARANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan menyalurkan bantuan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 11:10:07 WIB

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik, Nadiem: UN Tidak akan Dihapus

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik,  Nadiem: UN Tidak akan Dihapus JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Akhirnya  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, meralat pernyataannya terkait keputusannya  untuk menghapus Ujian Nasional (UN) mulai 2021. Mantan Bos Gojek itu  meny.
  • Rabu, 04 September 2019 - 11:04:55 WIB

    Wow! Cuma PDIP yang Solid Dukung Pemindahan Ibu Kota 

    Wow! Cuma PDIP yang Solid Dukung Pemindahan Ibu Kota  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Dukungan parpol koalisi pendukung pemerintah terbelah. Cuma PDIP yang solid mendukung pemerintah soal rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]