Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia


Rabu, 23 Agustus 2017 - 10:23:35 WIB
Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia Dokumentasi Haluan

Sebenarnya, Sumbar mengusulkan sejumlah karya budaya untuk ditetapkan sebagai WBTB Indonesia.

"Namun, lantaran beberapa tidak dilengkapi dokumen visualnya, maka panel ahli belum menetapkannya sebagai WBTb Indonesia," kata Taufik Efendi.

Dua karya budaya dari Mentawai, yakni Sikerei dan Ritual Kematian, termasuk yang tidak dilengkapi dengan film sebagai bukti visual dari usulan itu.

"Kami akan segera melengkapinya. Tahun depan kita usulkan lagi," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Sermon, yang juga ikut hadir dalam sidang penetapan itu.

Sebenarnya kelengkapan itu bisa disediakan, namun menurut Taufik Effendi, pemberitahuan tentang itu terlambat diketahui lantaran suratnya tidak sampai di kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru operasional pada awal tahun 2017 ini.

Berkenaan dengan usulan karya budaya asal Sumbar, yang cukup banyak itu, termasuk dari Mentawai, Kadisdikbud Mentawai Sermon mengatakan akan memprogramkan penyiapan usulan tersebut lebih awal.

"Kami ingin karya budaya Mentawai yang spesifik dan beragam itu, bisa ditetapkan sebagai WBTb Indonesia," katanya. (h/rel/isr)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 11:52:35 WIB

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi HARIANHALUAN.COM - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Namun Nazar belum bebas murni, melainkan mendapatkan program Cuti Menjelang Beb.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 15:24:00 WIB

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Keputusan Kemenkumham yang memindahkan tempat penahanan Habib Bahar bin Smith untuk sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan,  menimbulkan reaksi yang beragam di kalangan war.
  • Jumat, 17 April 2020 - 15:23:29 WIB

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mencatat belanja pegawai masih mengalami kenaikan dalam realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan hal ini terj.
  • Senin, 13 April 2020 - 22:37:23 WIB

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos CIKARANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan menyalurkan bantuan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 11:10:07 WIB

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik, Nadiem: UN Tidak akan Dihapus

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik,  Nadiem: UN Tidak akan Dihapus JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Akhirnya  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, meralat pernyataannya terkait keputusannya  untuk menghapus Ujian Nasional (UN) mulai 2021. Mantan Bos Gojek itu  meny.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]