Kisruh Lahan di Solsel, Kejari Berikan Pendapat Hukum


Senin, 28 Agustus 2017 - 12:17:01 WIB
Kisruh Lahan di Solsel, Kejari Berikan Pendapat Hukum Kajari Solsel

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) bakal memberikan pendapat hukum atau legal opinion terkait persoalan Pemkab Solsel dan PT.Mitra Kerinci (PTMK) dalam pembangunan masjid agung di areal HGU perusahaan teh itu. 

"Insyallah kita akan sampaikan pendapat hukum pada Rabu (30/8) mendatang, sebab surat permintaan baru masuk Jumat (25/8) lalu. Sekarang kita pelajari dulu,"kata Kajari Solsel, M.Rohmadi ketika dihubungi Haluan, Minggu (27/8).

M.Rohmadi mengatakan, pelepasan aset di areal HGU PTMK bisa dilakukan asal tidak ada unsur tindak pidana korupsi atau melanggar aturan yang ada. 

"Tukar guling lahan bisa saja, asal ada kesepakatan dari kedua belah pihak. HGU itu melekat selama 35 tahun oleh PTMK mengelola perusahan negara (BUMN). Pada dasarnya bukan kita yang menentukan tapi hanya memberikan pendapat hukum,"terangnya.

Ia menambahkan, legal opinion hanya sebatas pendapat hukum dan pihaknya bukan sebagai pemediasi kedua belah pihak.

 "Kami tidak memediasi, karena jika diminta untuk memediasi kedua pihak harus memberikan surat kuasa khusus pada Kejari. Apabila tidak ada surat kuasa khusus, kita mewakili siapa?,"katanya.

Jika hanya satu pihak yang memberikan surat kuasa khusus, maka akan dilakukan upaya negosiasi bukan mediasi. Sebab, imbuhnya Jaksa Pengacara Negara (JPN) bisa digunakan oleh instansi pemerintah atau BUMN dan BUMD.

 "Nah, kebetulan kedua belah pihak sama-sama negara nih. Jika salah satu pihak memberikan kuasa. Kita bisa mengatasnamakan yang memberikan kuasa, jika keduanya memberikan kuasa akan lebih bagus sebab tinggal memediasi kedua belah pihak. Sejauh ini belum ada pihak yang memberikan kuasa,"tambahnya.(h/jef)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 07 April 2018 - 09:39:24 WIB

    Mubes PKDP Diwarnai Kisruh Internal

    Mubes PKDP Diwarnai Kisruh Internal PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM  - Jelang pelaksanaan musyawarah besar (Mubes) organisasi Persatuan Keluaraga Daerah Piaman (PKDP) yang ke-5 di Kota Pekanbaru pada Sabtu, 7 April 2018, permasalahan kepengurusan di sejumlah dewan.
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 10:25:24 WIB

    Kisruh Koperasi IPPA Sepakat Kian Panas

    Kisruh Koperasi IPPA Sepakat Kian Panas PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kisruh di tubuh Koperasi Ikatan Pengusaha Pengemudi Angkot (IPPA) Sepakat yang mewadahi angkot jurusan Pasar Raya- Lubuk Buaya masih berbuntut panjang. Pengurus baru koperasi IPPA Sepakat mendesa.
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 10:43:11 WIB

    Kisruh di DPRD Padang, Anggota Dewan Perlu Lakukan Psikotes

    Kisruh di DPRD Padang, Anggota Dewan Perlu Lakukan Psikotes PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sosiolog dari UNP, Erianjoni juga menyayangkan pertengkaran para wakil rakyat di DPRD Padang. .
  • Senin, 20 November 2017 - 19:20:22 WIB

    Kisruh Proyek Panas Bumi di Kabupaten Solok, Satu Unit Mobil Dirusak Warga

    Kisruh Proyek Panas Bumi di Kabupaten Solok, Satu Unit Mobil Dirusak Warga SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Wacana pembangunan proyek geothermal atau panas bumi di Nagari Batu Bajanjang ,Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, kembali ditolak masyarakat. Bahkan situasi di lokasi, sempat mencekam karena te.
  • Jumat, 03 November 2017 - 11:48:17 WIB

    Kisruh Kepala Daerah, Ombudsman Turun Ke Limapuluh Kota

    Kisruh Kepala Daerah, Ombudsman Turun Ke Limapuluh Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Adel Wahidi menyayangkan terjadinya kisruh dalam penyelenggaraan roda pemerintahan Limapuluh Kota. Jika kisruh tetap berlanjut akan berdampak luas terha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]