PENELUSURAN DISHUT SUMBAR DI HALABAN

Warga Tebang Hutan, Galodo Datang


Senin, 28 Agustus 2017 - 17:20:24 WIB
Warga Tebang Hutan, Galodo Datang Dokumentasi Haluan

Dirinya mengklaim bahwa polisi akan menangkap siapapun dalang dibalik pengurasakan hutan tersebut, baik itu yang memerintahkan maupun yang mengeksekusi. "Kita pasti akan tindak, jika barang bukti dan pelaku sudah ada. Siapapun itu, akan tetap diproses secara hukum yang berlaku, jika laporan sudah dibuat," sebutnya.

Galodo menghantam empat jorong di dua nagari, Kecamatan Halaban. Yakninya, Batu Payuang yakni Jorong Subarang Aia dan tiga di Nagari Balai panjang, yaitu Tampuang Kodok, Tareh, dan Lurah Bukik Sementara ketinggian air mencapai 30 hingga 40 centimeter atau setinggi lutut orang dewasa dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Kamis (24/8) dinihari.

Akibat galodo, masyarakat yang terdampak banjir kesulitan air bersih, disebabkan empat saluran PDAM dan Pansimas rusak akibat bencana tersebut. Keempat saluran itu menjadi sumber pokok masyarakat setempat untuk mendapatkan air bersih, disamping sumur dan mata air.

Dalam mengatasi kesulitan air bersih itu, sebutnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirim armada untuk mengangkut air bersih dari daerah tetangga dan mendistribusikannya ke masyarakat. "Melihat kondisi seperti itu, tadi pagi BPBD langsung mengirim mobil untuk menyuplai air," terang Camat Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota, Elfi Zen. (h/mg-adl)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]