Peralatan Praktik SMK Ketinggalan 2 Generasi


Senin, 28 Agustus 2017 - 17:34:17 WIB
Peralatan Praktik SMK Ketinggalan 2 Generasi Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menteri Perindustrian menilai peralatan praktik yang dimiliki oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sumatera Barat telah ketinggalan dua generasi dari yang dipakai di dalam dunia industri. Karenanya, lulusan SMK sulit untuk diterima didunia industri karena apa yang dipelajari disekolah sudah ketinggalan.

“Kebanyakan peralatan praktik yang dipakai masih keluaran tahun 2003, bahkan masih ada tahun 80an tentunya ini sudah sangat ketinggalan dari apa yang telah dipergunakan oleh dunia industri,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada Haluan, usai pelantikan lulusan SMAKPA dan SMTI, Sabtu (26/7).

Dikatakan Airlangga, saat ini dunia industri sudah masuk kepenggunaan robotik, sedangkan SMK di Provinsi Sumatera Barat masih menggunakan mesin bubut yang lama masih analog. Padahal dari analog tersebut berlanjut ke cnc, dari cnc pindah ke robotik baru bicara ke industry power poin zero.

“Sudah sangat ketinggalan sekali peralatan yang dimiliki, tentunya hal ini berdampak kepada lulusan yang akan dipergunakan oleh dunia industri,”katanya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]