Batang Jalamu di Pessel Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam


Senin, 28 Agustus 2017 - 21:22:25 WIB
Batang Jalamu di Pessel Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Hujan sejak sore, sekitar Pukul 05.00 WIB. Membuat Batang Jalamu, Kecamatan Batang Kapas meluap. Akibatnya ratusan rumah penduduk terendam air, sehingga warga terpaksa mengungsi. (Okis Mardiansyah)

"Laporan sementara, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, sejumlah ternak, sawah, dan ladang warga ikut terseret air, khususnya pada daerah Kampung Ladang dan Kapalo Banda," jelasnya.

Sementara itu, Camat Batang Kapas Zoni Eldo, mengatakan, selain merendam rumah penduduk, sejumlah fasilitas umum seperti Sekolah juga ikut terendam banjir saat itu, yakni SMPN 4 Batang Kapas dan SDN 26 Jalamu. Hal itu juga dipicu karena tidak berfungsinya saluran Drainase disekitar pembuangan air.

"Benar, banjirnya diperkirakan setinggi lutut orang dewasa. Sehingga sebagian warga, ada yang mengungsi kerumah sanak saudaranya. Namun, kini arus lalu lintas sudah mulai normal, begitupun debit air sudah mulai berangsur surut," sebutnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya bersama Tim SAR BPBD Pessel, sedang di lokasi untuk membantu sejumlah warga yang butuh pertolongan. Namun, belum bisa dipastikan berapa jumlah kerugian akibat luapan Batang Jalamu tersebut.

"Hujan sebentar saja, sudah dipastikan Batang Jalamu meluap. Sebab, ini adalah Banjir musiman, sehingga kita meminta kepada Pemerintah Daerah melalui pejabat terkait, mencarikan solusi terkait persoalan ini. Dikarenakan ini sudah menjadi ancaman warga, dikala musim hujan datang," ungkapnya. (h/mg-kis)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]