Di Limapuluh Kota, Seratusan Kepsek Hanya Berstatus Plt


Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:39:17 WIB
Di Limapuluh Kota, Seratusan Kepsek Hanya Berstatus Plt Ilustasi/Haluan

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Kemelut di Pemkab Limapuluh Kota tampaknya terus bergulir. Belum usai kehebohan tarik ulur pelantikan tiga pejabat, kini heboh pula soal status Pelaksana tugas (Plt) seratusan kepala sekolah. Status tak penuh ini membuat roda pembangunan di bidang pendidikan tersendat.

Secara keseluruhan, ada 163 kepala sekolah yang saat ini berstatus Plt. Kondisi ini sudah berjalan lama. Bahkan ada Kepsek yang sudah 6 tahun sebagai Plt.

Informasi yang dihimpun Haluan, dari sebanyak 163 Kepsek yang Plt, 120 merupakan Kepsek yang telah menjabat selama dua periode. Disebabkan tidak ada penggantinya, lalu statusnya “diturunkan” dari defenitif menjadi Plt. Sedangkan 43 Kepsek lainnya yang baru saja diangkat setahun belakangan. Mayoritas, Kepsek yang memangku status Plt ini bertugas di Sekolah Dasar (SD).

Status Plt selama bertahun-tahun ini memunculkan kegalauan di kalangan Kepsek. Untuk mengambil keputusan, menandatangani ijazah, meminta bantuan dan meminta tambahan anggaran untuk operasional menjadi kendala utama. Jika terpaksa dilakukan, Kepsek harus mengakali aturan agar proses pendidikan tetap berjalan.

Seorang Plt Kepsek yang meminta namanya tak ditulis mengaku sudah empat tahun memangku jabatan Plt. Selama itu pula banyak hal yang menghalangi dirinya bertugas karena terkendala status.

“Banyak yang menjadi kendala. Tanda tangan saya tidak berlaku. Jadi hanya meneruskan program yang terdahulu. Sedangkan untuk membuat terobosan dan inisiatif susah karena terkendala aturan dan status sebagai Plt,” katanya kepada Haluan, Senin (28/8).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 15:40:59 WIB

    PPDB Sumbar Direncanakan Buka 22 Juni Mendatang

    PPDB Sumbar Direncanakan Buka 22 Juni Mendatang HARIANHALUAN.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumatera Barat direncanakan akan dibuka paling lambat pada 22 Juni mendatang dikarenakan masih menunggu Peraturan Gubernur (pergub) Sumbar..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 07:11:57 WIB

    Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Dibuka Hari Ini, Berikut Link dan Cara Daftarnya

    Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Dibuka Hari Ini, Berikut Link dan Cara Daftarnya HARIANHALUAN.COM -- Link pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 hari ini Selasa (2/6) lewat link https://portal.ltmpt.ac.id..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:06:10 WIB

    Politeknik ATI Padang Ikut Andil Dalam Webinar BPSDMI

    Politeknik ATI Padang Ikut Andil Dalam Webinar BPSDMI HARIANHALUAN.COM -- Politeknik ATI Padang mengikuti webinar (web seminar) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI). Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa (2/6/2020) pukul 09.30 WIB. Bertajuk "Pengemb.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 10:06:48 WIB

    Bagi yang Ingin Ikut UTBK-SBMPTN 2020, Pendaftaran Dibuka Besok

    Bagi yang Ingin Ikut UTBK-SBMPTN 2020, Pendaftaran Dibuka Besok HARIANHALUAN.COM - Bagi kalian yang ingin mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2020 ini, jangan lupa untuk mendaftar. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akan dib.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 19:17:37 WIB

    IDAI: Sekolah Tidak Dibuka Sampai Desember 2020    

    IDAI: Sekolah Tidak Dibuka Sampai Desember 2020     HARIANHALUAN.COM -- Seiring dengan rencana pelaksanaan tahun ajaran baru pada pertengahan Juli mendatang, Ketua Umum PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Pulungan angkat bicara..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]