Rayakan Kemerdekaan, Sharp Generator Adakan Aksi Hijau


Selasa, 29 Agustus 2017 - 11:41:08 WIB
Rayakan Kemerdekaan, Sharp Generator Adakan Aksi Hijau Dipandu oleh anggota SHARP Greenerator, siswa dan siswi SMP mengumpulkan sampah di sekitar Kebun Raya Bogor. Humas

Bogor kembali menjadi titik fokus pelaksanaan kegiatan SHARP Greenerator karena lokasinya dinilai sebagai hulu yang membawa aliran sungai ke kota lainnya. Untuk itu, penyelamatan lingkungan seperti pembersihan sampah perlu dilakukan dari pangkal agar berdampak pada daerah di sekitarnya.

“Dari Bogor, kami persempit lagi lokasi penyelenggaraan kegiatan ini dengan menyasar Kebun Raya Bogor. Selain menjadi tempat belajar yang pas untuk anak muda, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu lokasi yang selalu dipadati pengunjung di akhir pekan. Rasanya pas sekali jika kegiatan ini bisa dilakukan di tempat umum agar bisa menarik perhatian pengunjung lain, terutama untuk ikut membersihkan sampah,” imbuh Basmah yang merupakan anggota SHARP Greenerator sekaligus Ketua Panitia Independence Day Amazing Race.

Seraya menyusuri lingkungan Kebun Raya Bogor untuk mempelajari keanekaragaman hayati khususnya untuk aneka rempah dan buah lokal, para peserta yang merupakan siswa dan siswi SMP serta anggota SHARP Greenerator juga turut mengumpulkan sampah yang berserakan dan mendatangi beberapa pengunjung untuk ikut serta menjaga kebersihan setempat. Di akhir  acara komunitas Greenerator mampu mengumpulkan sampah seberat 75 Kg yang diteruskan ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh Kebun Raya Bogor.

“Dengan ditemukannya banyak sampah plastik berserakan menandakan masih kurangnya kesadaran pengunjung Kebun Raya Bogor untuk menjaga kebersihan, Kami sangat berterima kasih dengan komunitas Sharp Greenerator yang telah membantu kami untuk meningkatkan kesadaran pengunjung dan membantu membersihkan sampah yang ada. Semoga kedepannya tidak ada lagi sampah sehingga koleksi keaneragaman hayati Kebun Raya Bogor dapat lestari”, ungkap Ir. Sugiarti HUMAS Kebun Raya Bogor.

Di samping mempelajari varian tumbuhan yang berada di sekitar Kebun Raya Bogor, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan perlombaan tradisional bertemakan 17 Agustus yang bertujuan untuk menguji kekompakan dan kerja sama tim.

Usai kegiatan Independence Day Amazing Race, anggota SHARP Greenerator akan kembali meneruskan segudang kegiatan lainnya yang berkaitan dengan aksi penyelamatan lingkungan maupun keanekaragaman hayati. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh SHARP Greenerator juga diceritakan oleh masing-masing anggota melalui sebuah blog yang dapat diakses secara publik melalui tautan www.sharp-indonesia.com/sharpgreenerator.(h/rel)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]