First Travel “Menggurita” di Sumbar, Korban Capai Seribu Orang


Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:36:58 WIB
First Travel “Menggurita” di Sumbar, Korban Capai Seribu Orang Salah satu korban first travel di Kota Padang

“Sudah banyak korban yang melapor. Hingga pukul 15.30 WIB, ada sebanyak 15 korban. Kemungkinan, akan banyak lagi yang akan datang ke posko” Kombes Pol Erdi, Direskrimum Polda Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sumatera Barat rupanya menjadi salah satu provinsi dengan jumlah korban penipuan biro umrah First Travel terbanyak. Data Haluan, jumlah korbannya sekitar 1.000 orang, yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota. Untuk menanganinya, Polda Sumbar membuka Posko Pengaduan Korban First Travel, Selasa (29/8).

Baru saja dibuka, sudah belasan korban First Travel yang melapor ke posko yang berada di lantai empat Mapolda Sumbar, Jalan Sudirman, Kota Padang itu.

“Sudah banyak korban yang melapor. Hingga pukul 15.30 WIB, ada sebanyak 15 korban. Kemungkinan, akan banyak lagi yang akan datang ke posko,” terang Direskrimum Polda Sumbar, Kombes Pol Erdi Adrimurlan Chaniago.

Para korban yang melapor kebanyakan berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Umumnya, para korban mengaku, tergiur ikut umrah bersama First Travel karena harganya yang murah.

“Kebanyakan ASN. Mereka melaporkan penipuan yang dilakukan First Travel,” lanjut Kombes Erdi.

Pembukaan posko pengaduan merupakan instruksi Mabes Polri. Gunanya untuk melakukan pendataan korban, serta melakukan klarifikasi langsung kepada para korban. “Kabareskrim yang memberikan perintah untuk membuka posko pengaduan di daerah, termasuk di Sumbar. Nantinya, setiap Polres juga akan membuka posko yang sama,” sebut Erdi.

Dijelaskan Erdi, belum ada kepastian, sampai kapan posko akan dibuka.

“Secara umum, korban First Travel yang gagal berangkat asal Sumbar sekitar 500 orang. Setiap yang datang akan kita terima dan proses sesuai mekanisme yang berlaku,” sebut Direskrimum.

Selain menerima pengaduan korban, petugas kepolisian juga berencana akan memanggil para agen First Travel yang ada di Sumbar. Mereka akan dimintai keterangan. Selain menjadi bagian dari proses klarifikasi, juga untuk memastikan, berapa banyak sebenarnya jumlah korban biro umrah bodong tersebut di Sumbar.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 September 2019 - 16:08:10 WIB

    Prima Myfirstson, Sang Kandidat Kuat Ketua KNPI 50 Kota

    Prima Myfirstson, Sang Kandidat Kuat Ketua KNPI 50 Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Tidak terasa, ternyata dalam waktu dekat ini, organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Limapuluh Kota kembali menggelar Musyawarah Daerah dalam pemilihan orang nomor pada organi.
  • Rabu, 16 Agustus 2017 - 11:00:30 WIB

    Penipuan First Travel Juga Terjadi di Sumbar

    Penipuan First Travel Juga Terjadi di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kasus dugaan penipuan berkedok pemberangkatan jemaah umrah dengan harga murah oleh PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) rupanya juga terjadi di Sumbar. Sejumlah korban sudah melapor ke K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]