Kampus Harus Sediakan Perpustakaan Representatif


Senin, 04 September 2017 - 02:24:29 WIB

PADANG, HALUAN -- Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus yang ada di empat provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau untuk menyediakan perpustakaan representatif guna mendukung perkuliahan.

"Dikatakan representatif mengacu pada kelengkapan buku serta dokumen, lokasi yang nyaman dan aman serta pelayanan terbaik," kata Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri, di Padang, pekan lalu.

Dia menyebutkan dalam standarisasi program studi untuk perkuliahan keberadaan pustaka menjadi bagian penting , di samping laboratorium dan gedung jurusan.

Fungsinya, sebut dia untuk mendukung materi perkuliahan serta memudahan penyediaan referensi untuk tugas akhir penelitian. "Meski saat ini sudah ada pustaka secara dalam jaringan, namun tetap saja keberadaan fisiknya penting bagi mahasiswa dan dosen," lanjutnya.

Upaya ini juga, ujarnya sebagai langkah Kopertis mendukung pemerintah dalam menggiatkan membaca.

Diharapkan dengan adanya perpustakaan di kampus, mahasiswa termotivasi untuk membaca tidak sekedar mencari materi kuliah semata. "Sebagai bantuan, pihaknya akan mengupayakan instansi lain bekerja sama dengan kampus dalam pengadaan buku," terangnya.

Dia berharap kampus bisa mengambil kesempatan tersebut dan mengejar nilai akreditasi perpustakaan.

Bila telah terakreditasi, kata dia perpustakaan semakin dikenal dan kunjungan semakin banyak. (h/ans)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]