Nofi Candra : Peluang Bisnis Berbasis Syariah Makin Terbuka


Senin, 04 September 2017 - 19:35:03 WIB
Nofi Candra : Peluang Bisnis Berbasis Syariah Makin Terbuka Kuliah Umum--Senator DPD RI H. Nofi Candra SE memberikan kuliah Umum dihadapan dosen dan Ratusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukittinggi, Senin (4/9) YUTIS WANDI

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Era globalisasi telah mendorong para pebisnis dan pelaku ekonomi di negeri ini, untuk berlomba-lomba memawarkan barang dan jasa bagi para konsumen. Konsep ekonomi syari'ah atau bisnis yang berbasis Islam dinilai memiliki peluang yang besar dalam menggaet peluang pasar di era moderen ini. 

Hal ini diungkapkan oleh senator DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra saat memberikan kuliah umum tentang prospek dan tantangan bisnis Syari'ah ke depan di hadapan ratusan mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Senin (4/9) kemaren.

Nofi mengungkapkan, konsep ekonomi dan bisnis betbasis Syari'ah telah membuka peluang bagi pelaku bisnis, tak hanya dunia perbankan dan perdagangan,  konsep ekonomi berbasis Islam juga telah merambah ke berbagai sektor yang menjadi sentra ekonomi masyarakat seperti sektor pariwisata, perhotelan bahkan ke sektor pendidikan.

"Potensi ini jelas membuka peluang bagi calon-calon ekonom dan pebisnis  muda untuk menggaet peluang yang ada. Terutama para mahasiswa yang berasal dari fakultas ekonomi Syari'ah," kata senator yang lahir sebagai pedagang ini. 

Senator Nofi Candra mengungkapkan, untuk menjalankan bisnis di era sekarang ada 3 poin yang mesti diperhatikan yaitu Mind set, visi dan aksi. Ketiga unsur ini dipandang penting dan saling menunjang  dalam menjalankan dan menjadi penantang pasar pada era modern ini. Mind set dalam hal ini adalah pola fikir seorang pelaku bisnis yang bisa memberi manfaat bagi masyarakat banyak. "Ini juga sejalan dengan pations (kesukaan) dalam artian menjalankan bisnis apa yang disukai dan aksi (tindakan) dalam menjalankan bisnis itu sendiri," bebernya.

Menurut Nofi, terbukanya peluang bisnis berbasis syari'ah lebih dilatari oleh mayoritas penduduk di Indonesia yang beragama Islam. Sementara konsep ekonomi syari'ah sendiri adalah bisnis yang dijalankan sesuai dengan tuntunan Al Qur'an dan Sunnah yang dilarang melakukan kecurangan, riba, penipuan dan tindakan zalim lainnya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]