ANGGARAN BADAN BAHASA DIPANGKAS

Pekan Sastra dan Bahasa Sumatra Tahun Depan Digabung


Senin, 04 September 2017 - 20:14:12 WIB
Pekan Sastra dan Bahasa Sumatra Tahun Depan Digabung RESMIKAN PEKAN SASTRA—Kepala Badan Bahasa, Dadang Sunendar, menabuh gendang saat membuka secara resmi Pekan Sastra di Inna Muara Hotel, Padang, Senin (3/9). Pada tahun ini, Pekan Sastra dan Pekan Bahasa digabung menjadi satu kegiatan. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Forum Balai dan Kantor Bahasa se-Sumatra kembali mengadakan Pekan Sastra. Pekan Sastra pada tahun ini menjadi Pekan Sastra terakhir yang diadakan secara terpisah dengan Pekan Bahasa. Pada tahun depan, Pekan Sastra akan digabung dengan Pekan Bahasa.

Hal itulah yang disinggung Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Agus Sri Danardana, saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Pekan Sastra di Inna Muara Hotel, Padang, Senin (3/9). Ia menyebutkan sepintas alasan Forum Balai dan Kantor Bahasa se-Sumatra berencana menggabung Pekan Sastra dan Pekan Bahasa pada tahun depan. Menurutnya, penggabungan dua kegiatan itu terjadi karena pemangkasan anggaran yang terjadi di Badan Bahasa.

Saat hal itu ditanyakan secara terperinci, Kepala Badan Bahasa, Dadang Sunendar, menjelaskan, pada tahun ini, pemerintah memangkas dana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp1,8 triliun. Dari Rp1,8 triliun itu, Rp30 miliar di antaranya adalah dana untuk Badan Bahasa.

Yang dipangkas bukan hanya Kementerian Pendidikan dak Kebudayaam, melainkan juga semua kementerian. Untuk Badan Bahasa dipangkas Rp30 miliar. Pemangkasan itu berimbas ke unit di bawahnya. Pemangkasan pada tahun ini namanya blokir mandiri. Pada tahun kemarin, terjadi dua kali pemangkasan, yakni pemotongan dan blokir mandiri. Pemotongan tahun kemarin lebih besar daripada tahun ini,” tuturnya saat diwawancarai setelah meresmikan Pekan Sastra.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]