Salappak Mentawai Sering Direndam Banjir, Bantuan Tak Kunjung Datang


Senin, 04 September 2017 - 23:05:48 WIB
Salappak Mentawai Sering Direndam Banjir, Bantuan Tak Kunjung Datang Banjir di Salappak pada Minggu 3 September 2017. (Foto: Hendrikus Bentar)

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM--Sudah satu bulan banjir menggenangi pemukiman warga Salappak, Desa Muntei , Kecamatan Siberut Selatan, Kabuapten Kepulauan Mentawai. Banjir tersebut membuat aktifitas masyarakat terganggu dan tanaman warga di depan rumah seperti cabe, terung dan jahe dirusak banjir

Dilansir dari Mentawaikita.com, warga Salappak Joel Salaisek mengatakan, banjir dalam sebulan ini sudah 4 kali menggenangi pemukiman warga.

"Satu hari hujan saja air langsung menggenangi Salappak dan sekitarnya," katanya , Minggu (3/9).

Joe menambahkan banjir ini paling parah menggenangi perumahan sosial dan sekolah baru yang dibangun sudah tergenang setinggi setengah meter.

"Anak anak saja tidak bisa lagi melewati jalan raya, di jalan raya bisa hanya bisa dilewatu perahu Pomgpong (ketek) karena dalam," katanya

"Air ini bisa surut sampai tiga hari tergantung hujan karena hujan sering bisa surut sampai seminggu," tambah Joel.

Kepala dusun salappak Rengge satoinong mengatakan saat ini warga Salappak masih tetap dirumah dan ada juga sebagian warga menginap dirumah kerabatnya. "Banjir dalam sebulan ini sudah mengganggu aktivitas dan tanaman masyarakat," katanya.

Meskipun sudah satu bulan daerah ini kata Rengge, belum ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, sementara pemerintah desa sudah datang ke lokasi melihat kondisi warganya. "Soal bantuan sampai saat ini belum ada baik itu dari kecamatan maupun dari kabupaten, sementara ada puluhan rumah yang tidak bisa ditempati akibat banjir," ujarnya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]