Serapan APBD Pariaman di Bawah 40 Persen


Selasa, 05 September 2017 - 01:28:01 WIB

PARIAMAN, HALUAN—Berdasarkan data Bagian Ekonomi Pembamgunan Kota Pariaman, serapan APBD Kota Pariaman untuk pembangunan hingga akhir Juli baru 35,54 persen. Sementara itu, dari Rp704 miliar APBD Pariaman, target serapan pada akhir triwulan tiga, yakni Juli, sebesar 50 persen.

Kepala Bagian Ekonomi Pembamgunan Kota Pariaman, Rismen, mengatakan, realisasi APBD hingga Juli itu tidak sesuai realisasi target anggaran. Ia mengungkapkan, target tersebut tidak tercapai karena kegiatan lambat dimulai akibat perubahan struktur Organisasi Perangkat Daerah.

“Akibat perubahan struktur OPD itu, kegiatan dimulai pada pertengahan Februari. Menurut rencana, kegiatan dimulai dari Januari,” ujarnya di Pariaman, Senin (3/9).

Selain itu, kata Rismen, ada target yang ditetapkan pusat, yakni Dana Alokasi Khusus (DAK), yang tak tercapai. Target itu tidak tercapai karena persyaratan yang diminta pusat untuk pencairan dana terlalu tinggi, tetutama terhadap dana sisa tender.

“Contohnya, bidang jalan DAK. Kami dapat Rp30 miliar, tetapi hasil tender tak sampai 80 persen. Sementara itu, untuk pencairan dana tahap II, kontraknya diminta 100 persen. Kalau untuk pusat, target itu mungkin bisa tercapai karena butuh persyaratan DIPA. Sementara itu, untuk daerah, harus melalui APBD perubahan yang biasanya dicapai pada akhir Agustus. Jadi, tidak mungkin itu tercapai untuk daerah. Kami pikir, keterlambatan serapan anggaran tidak terjadi di Pemko Pariaman saja, tetapi mungkin juga di daerah lain,” tuturnya.

Meski realisasi target rendah, kata Rismen, dari segi fisik, pekerjaan melebihi target. Hingga Juli, realisasi pekerjaan mencapai 54,65 persen. Serapan dana untuk fisik tersebut digunakan, antara lain, untuk pembangunan jalan dan irigasi. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:16:32 WIB

    Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah

    Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 Kabupaten Pasaman saat ini masih rendah. Jika ditotal, serapan anggaran Pemkab setempat masih di bawah 50 persen dari total anggaran Rp.
  • Senin, 05 Agustus 2019 - 15:17:11 WIB

    Serapan Anggaran Kota Pariaman Rendah

    Serapan Anggaran Kota Pariaman Rendah PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Serapan anggaran di Kota Pariaman sampai akhir Juli 2019 ini baru 30 persen dari target 50 persen. Dengan demikian, serapan anggaran di Kota Pariaman bisa dikatakan sangat rendah. .
  • Jumat, 26 Juli 2019 - 15:10:17 WIB

    Disorot DPRD, Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah

    Disorot DPRD, Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten Pasaman, masih mempersoalkan rendahnya realisasi anggaran pemerintah daerah Kabupaten Pasaman disejumlah kegiatan pada tahun anggaran 2018 lalu. .
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:21:08 WIB

    Serapan APBD Sumbar Belum Capai Target

    Serapan APBD Sumbar Belum Capai Target PADANG, HARIANHALUAN.COM—Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) 2018 hingga triwulan II mencapai 71,12 persen untuk realisasi fisik dan 74,65 persen untuk realisasi keuangan..
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 02:56:14 WIB
    Hingga 31 Oktober

    Serapan APBD Pasaman Masih 63,25 Persen

    PASAMAN, HALUAN — Sek­retaris Kabupaten Pasa­man, A Syafei Siregar me­nyebutkan, realisasi kegia­tan fisik APBD Pasaman 2015 masih berada pada level 63,­25 persen data per 31 Okto­ber 2015. Data realisasi yang masuk b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]