PNP Latih Nagari Kelola Dana


Selasa, 05 September 2017 - 01:46:32 WIB
PNP Latih Nagari Kelola Dana Peserta pelatihan berfoto bersama dengan panitia dan narasumber

PADANG, HALUAN -- Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang (P3M PNP) memberikan pelatihan dan pendampingan ke sejumlah nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola organisasi dan keuangan di pemerintahan nagari.

Menurut Ketua Pelaksana, Zahara, hal ini merupakan bagian dari bentuk pengabdian masyarakat oleh PNP, untuk menjawab beberapa permasalahan yang timbul dalam pemerintahan nagari yakni terkait perencanaan pembangunan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan terkait dengan penerapan good governance di pemerintahan nagari khususnya masalah keuangan,”kata Zahara yang juga seorang dosen di PNP, kemarin.

Salah satu narasumber, Andri Satria Masri menyebutkan perubahan regulasi UU Desa lama dan yang baru juga berdampak pada perubahan pola pikir dari pola pikir kekuasaan dan kewenangan menjadi Pola Pikir Mandat.

“Walinagari yang dipilih langsung oleh masyarakat, wajib meningkatkan partisipasi masyarakat dalam semua aspek tahapan pembangunan yakni dimulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan pertanggungjawaban,”kata Kabag Humas Pemkab Padang Pariaman ini.

Lebih jauh, kata Andri, keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanahkan UU wajib dilaksanakan oleh pemerintah nagari yang bertujuan untuk transparansi program  dan dana namun juga meningkatkan keterikatan masyarakat dengan pemerintah.

Berbagai media sarana informasi harus dikuasai dan digunakan oleh pemerintah nagari agar informasi pembangunan sampai ke masyarakat dan berdampak pada peningkatan partisipasi masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga diberikan keterampilan terkait dengan penyusunan standar operasional prosedur pelayanan publik. Dokumen SOP akan memberikan kepastian prosedur baik oleh masyarakat maupun aparatur nagari dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu SOP juga dapat menjadi sarana dalam menciptakan tata kelola dan manajemen mutu pelayanan kepada masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan pendampingan dalam penyusunan SOP pelayanan publik.

Untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan, kegiatan ini juga memberikan keterampilan dan pendampingan terkait dengan pengelolaan keuangan dana desa. Instruktur dalam kegiatan tersebut, Ferdawati mengatakan penatausahaan keuangan merupakan kewajiban yang harus ditaati oleh pengelola keuangan nagari. Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan bagaimana membangun sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan penatausahaan keuangan dana desa. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan keterampilan teknis menyangkut dengan kewajiban perpajakan dalam mengelola dana desa.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman pengetahuan dan teknis pengelola pemerintah nagari dan juga menjadikan Politeknik Negeri Padang bersinergi membangun Negara.  (h/mat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:09:28 WIB

    PNP Sukses Gelar iCAST 2020, Polnes Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional 2021

    PNP Sukses Gelar iCAST 2020, Polnes Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional 2021 HARIANHALUAN.COM - Konferensi Internasional Sains dan Teknologi Terapan (iCAST) 2020 bertema “Teknologi Hijau di Masa Pandemi” yang digelar secara daring pada 24-25 Oktober 2020 berlangsung sukses di tengah pandemi Covid-.
  • Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:41:25 WIB

    Gandeng Whiz Prime Hotel, PNP Gelar Pelatihan K-4 untuk 'Paket Isolasi Mandiri'

    Gandeng Whiz Prime Hotel, PNP Gelar Pelatihan K-4 untuk 'Paket Isolasi Mandiri' HARIANHALUAN.COM - Sepinya pengunjung menuntut pengelola bisnis perhotelan berinovasi dalam pemasarannya agar bisa tetap bertahan. Salah satunya, melalui penawaran "Paket Isolasi Mandiri" bagi warga setempat yang dinyatakan p.
  • Senin, 26 Oktober 2020 - 22:08:36 WIB

    BEM KM PNP Buka Pendaftaran Uda Uni Duta Kampus, Ini Syaratnya

    BEM KM PNP Buka Pendaftaran Uda Uni Duta Kampus, Ini Syaratnya HARIANHALUAN.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa ( BEM-KM) Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka pendaftaran gelombang 2 (dua) pemilihan uda dan uni duta kampus tahun 2020. Pendaftaran dibuka sejak Minggu, 25 .
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 12:25:39 WIB

    PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9

    PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9 HARIANHALUAN.COM - Seluruh Politeknik di Indonesia diminta agar penelitian teknologi yang dihasilkan dari para dosen sudah menjadi produk massal. Dari Politeknik Negeri Padang (PNP) disebut dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (.
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 12:01:51 WIB

    ICAST 2020 PNP Hadirkan Keynote Speaker Asing

    ICAST 2020 PNP Hadirkan Keynote Speaker Asing HARIANHALUAN.COM - Gelaran International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi) iCAST 2020 yang dilaksanakan Politeknik Negeri Padang (PNP) menghadirkan keynote speaker dari.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]