Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan


Selasa, 05 September 2017 - 02:07:56 WIB
Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan Mahyeldi Ansharulah

PADANG, HALUAN--Kaum muslim Rohingya di Myanmar mendapat perlakuan kekerasan selama ini. Nyawanya dihilangkan oleh sejumlah kelompok di Myanmar yang notabene beragama Budha.

Perilaku yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) ini membuat umat Islam di seluruh dunia geram. Hal ini harus segera dihentikan.

"Kita dorong kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk memberi dukungan kepada kaum muslim Rohingya," ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, kemarin.  

Mahyeldi menilai, kekerasan kepada kaum muslim Rohingya merupakan tindakan yang tidak manusiawi. Melanggar HAM. Sangat bertentangan dengan apa yang dianut di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia harus hadir di sana," kata Mahyeldi.

Seperti diketahui, umat muslim Rohingya tidak diakui sebagai warga negara di Myanmar -yang mayoritas penduduknya beragama Budha- dan sering menjadi korban kekerasan aparat keamanan maupun kelompok militan Budha.

Puluhan ribu warga Rohingya sudah mengungsi ke Bangladesh karena mengaku menjadi korban penganiayaan.

Rakhine -yang merupakan negara bagian termiskin di Myanmar- menjadi tempat tinggal dari lebih dari satu juta orang Rohingya yang beragama Islam.

Kemarin, penduduk sipil muslim Rohingnya mengungsi dengan melintasi perbatasan ke Bangladesh namun penjaga perbatasan mengusir sebagian dari mereka kembali ke wilayah Myanmar. (h/vie)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 September 2020 - 14:26:56 WIB

    Padang Zona Merah! Wawako: Artinya harus Disiplin Uji Swab

    Padang Zona Merah! Wawako: Artinya harus Disiplin Uji Swab HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Kota Padang masuk dalam kategori zona merah. Artinya, Kota Padang memiliki resiko penularan Covid-1.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:03:32 WIB

    Wako: Padang Bisa Jatuh ke Jurang Resesi Kalau Roda Ekonomi Tidak Bergerak

    Wako: Padang Bisa Jatuh ke Jurang Resesi Kalau Roda Ekonomi Tidak Bergerak HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, sektor pendukung perekonomian Kota Padang selama ini adalah pariwisata dan perdagangan, namun kedua sektor ini pula yang paling terdampak Covid-19. Salah sa.
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:51:47 WIB

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) 8-9 Februari 2018 nanti. Menyikapi itu, Pemerintah Kota Padang sejak jauh hari bertekad memberikan andi.
  • Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:04:00 WIB

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Wakil Walikota Padang Emzalmi prihatin atas eksekusi bangunan Basko Hotel dan Mall yang terjadi Kamis (8/1). Basrizal Koto menurut Emzalmi adalah sosok yang berjasa dalam membangun dunia usaha dan .
  • Selasa, 11 Juli 2017 - 22:35:22 WIB

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku dalam waktu dekat akan segera mengganti Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Muswendri Evytes..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]