PT BMP Tour & Travel Bantu Rohingya


Rabu, 06 September 2017 - 02:30:33 WIB
PT BMP Tour & Travel Bantu Rohingya

PADANG, HALUAN—Sebagai biro perjalanan haji dan umrah yang tidak hanya mementingkan segi bisnis, PT Bumi Minang Pertiwi (BMP) Tour & Travel juga peduli terhadap isu kemanusiaan dan sosial. Untuk itu, PT BMP memberikan bantuan bagi muslim Rohingya di Myanmar melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang.

Bantuan tersebut bersumber dari himpunan infak dan sadaqah jemaah dari BMP Wilayah Sumbar dan BMP Cabang Pariaman.

“Kami menyalurkan bantuan untuk Rohingya melalui ACT. Lembaga itu sudah biasa menyalurkan bantuan kepada Rohingya,” ujar Kepala Wilayah BMP Sumatera Barat, Boy Hadi Kurniawan, di Padang, Selasa (5/9).

Boy menyebutkan, pada tahap awal ini, BMP memberikan bantuan sekitar Rp6 juta. Bantuan itu berasal dari BMP Sumbar sebesar Rp5 juta dan BMP Pariaman sebanyak Rp1 juta. Ke depannya, BMP cabang lain akan ikut memberikan bantuan bagi muslim Rohingya.

“Penyaluran donasi kali ini merupakan tahap awal sebagai tanggapan BMP terhadap kondisi pengungsi Rohingya. Kami menyalurkan bantuan atas dasar kemanusiaan dan sesama muslim. Ada 17 cabang BMP di Sumbar, dan 9 provinsi di Indonesia yang juga akan menyumbangkan bantuan kepada muslim Rohingya melalui BMP," ujarnya.

Penyaluran dana tersebut, kata Boy, tidak terlepas dari program sosial pada BMP Sumbar untuk mendonasikan dana Rp50 ribu dari tiap seorang jemaah umrah setiap bulan.

Setiap bulan, kata Boy, BMP menyalurkan “sedekah umat” kepada lembaga zakat, seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan IZI. BMP juga memberikan bantuan dana pertangungjawaban sosial perusahaan untuk kegiatan sosial lainnya, seperti khitanan massal.

“Kami akan terus konsisten menyalurkan bantuan sosial di samping terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi calon jemaah yang akan berangkat umrah melalui biro yang sudah terdaftar di Kemenag RI nomor 53 tahun 2017 ini,” tuturnya.

Mengenai BMP, kata Boy, pada November dan Desember tahun ini, BMP akan memberangkatkan 1.620 orang untuk umrah.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Padang, Fadhli Septavianra, menyambut baik bantuan yang diberikan BMP. Ia menyebutkan, BMP merupakan salah satu lembaga yang menanggapi dengan cepat tragedi yang dialami muslim Rohingya itu.

“Secara pribadi sudah banyak yang memberikan bantuan. Namun, secara lembaga, apalagi biro perjalanan haji dan umrah, baru BMP yang merespons cepat tragedi Rohingnya dengan memberikan bantuan,” katanya.

Ia berpendapat, BMP memberikan batnuan karena membantu kaum muslim yang sedang mengalami musibah adalah kewajiban bersama.

“Dalam waktu dekat, kami akan menyalurkan 1.000 ton beras  dari Surabaya untuk Rohingya,” katanya.

Mengenai penyaluran bantuan melalui ACT, Fadhli mengatakan, ACT menyalurkan bantuan untuk Rohingya sejak 2012 secara rutin.

“Semoga apa yang diberikan oleh BMP menjadi berkah dan ditiru lembaga lain,” katanya. (h/mg-mel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]