Dua Tahun Beroperasi di Padang, Pabrik Miras Oplosan Digerebek


Kamis, 07 September 2017 - 11:12:16 WIB
Dua Tahun Beroperasi di Padang, Pabrik Miras Oplosan Digerebek Ilustasi.NET (Foto bangyogi.blogspot.com)

Kecurigaan petugas terkait operasional peracikan miras oplosan terbukti dalam penggerebekan. Selain ribuan botol miras, sejumlah zat kimia juga ditemukan di lokasi. Zat itu digunakan sebagai pencampur pembuatan miras oplosan. Ada juga alkohol murni dengan kadar 95 persen.

“Mereka campur-campur bahannya, sesuai takaran yang dipahami mereka saja. Lalu diberi gula, asam sistron, sari manis dan aroma. Perangkat pengemasan juga disita dari lokasi penyitaan, seperti label merek minuman, botol kosong beserta tutup, mesin pres, kardus dan lem,” sebut Kombes Syamsi.

Atas perbuatannya itu, pelaku terancam hukuman berat karena melanggar Pasal 142 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, serta Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

“Keduanya dijerat pasal berlapis dan terancam hukuman berat. Perbuatan keduanya sangat membahayakan orang banyak, terutama generasi muda,” tutur Syamsi.

Peredaran miras di Sumbar memang sudah mengkhawatirkan. Minuman membuat mabuk tersebut dijual bebas, bahkan di pinggir-pinggir jalan serta warung kecil. Meski sudah diperketat izin administrasinya, ternyata masih ada pelaku yang nakal mencari celah menjual secara ilegal, bahkan melakukan pengoplosan. 

“Ini sangat memprihatinkan. Nantinya, pengawasan akan semakin diperketat,” papar Syamsi.

Sebenarnya, dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2013 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol dinilai menjadi peluang untuk memberantas peredaran minuman keras oplosan.

“Langkah yang kami lakukan merupakan bagian dari penyelamatan generasi muda, karena kebanyakan penjual miras ilegal, sembarangan saja dalam menerima pembeli serta tidak menerapkan batasan umur,” ucap Kabid Humas Polda Sumbar itu. (h/ben)

 

Editor: Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]