Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan


Kamis, 07 September 2017 - 22:55:45 WIB
Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria saat menguji alsintan di Jorong Pampangan, Nagari Pasir Talang Timur, Sungai Pagu, Kamis (7/9). JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 72 unit dari enam item pada Pemkab Solok Selatan (Solsel) melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar.  

Penyerahan bantuan secara simbolis langsung diberikan Gubernur Sumbar melalui Asisten II Setdaprov Sumbar, Syafruddin pada Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria di Kelompok Tani Saiyo, Jorong Pampangan, Nagari Pasir Talang Timur, Sungai Pagu, Kamis (7/9).

Alsintan bantuan itu diantaranya, Traktor roda dua 25 unit, Pompa Air 7 unit, Rice Transplanter 4 unit, Cultivator 3 unit, Hand Sprayer 27 unit dan Corn Shelter 6 unit. Penyerahan itu ditandai dengan panen raya dan pencanangan tanam padi serentak serta optimalisasi penggunaan Alsintan di Solsel. Selain itu, Keltan Saiyo juga mendapatkan bantuan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) dari Anggota DPR-RI Komisi IV, Hermanto.

Dirjen Tanaman Pangan melalui penanggungjawab area Sumbar,  Yanuardi jika realisasi tanam padi hingga Agustus 2017 di Sumbar sekitar 18.000 hektare (ha).

"Dengan demikian masih jauh dari luas areal yang ada sehingga kita inginkan untuk percepatan. Bantuan alsintan pertanian dalam upaya percepatan pekerjaan bagi petani dan telah disebar dibeberapa daerah di Sumbar. Kita ingin Alsintan itu bisa dipergunakan sebaik-baiknya dan tidak dibiarkan saja tidur,"katanya.

Sementara, Gubernur Sumbar diwakili Asisten II, Syafruddin mengatakan pencanangan tanam padi serentak sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan hidup dan kebahagiaan petani yang merupakan tugas bersama.

"Sumber kesejahteraan itu dari hasil pertanian. Sumbar ditargetkan menghasilkan sekitar 3 juta ton padi dan harus tercapai luas tanam sekitar 230.0 00 ha. Sementara areal yang memenuhi irigasi teknis hanya sekitar 80 ha,"ungkapnya.

Luas areal persawahan di Solsel, kata Syafruddin sekitar 11.000 ha dan ditargetkan mencapai 24.000 ha pada 2017 ini.

"Petani dalam bercocok tanam harus memperhatikan tentang produktivitas hasil panen, memperkecil biaya produksi dan bagaimana menambah luas tanam. Sebab, jika tinggipun hasil produksi tetapi biaya produksi besar akan percuma. Nah, salah satu solusi menekan biaya produksi adalah dengan Alsintan karena selain efisien waktu juga meringankan pekerjaan," terangnya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]