PULANG BASAMO DI IDUL ADHA

Perantau Agam Pererat Tali Silaturahmi


Jumat, 08 September 2017 - 01:04:28 WIB
Perantau Agam Pererat Tali Silaturahmi Jabat erat mengiringi saling tukar cenderamata perantau dan Wabup Agam, saat pulang basamo pekan lalu.

AGAM, HALUAN -- Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah, mengaku salut dan bangga dengan kekompakan perantau Palembayan di Malaysia dan Indonesia, yang pulang basamo saat moment Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Ungkapan itu disampaikannya, saat menghadiri pertemuan para perantau Palembayan di Malaysia, yang berjumlah 70 orang diketuai Arief Ragina,

Pertemuan itu dihadiri jajaran Pemerintahan Kabupaten Agam dan Masyarakat Palembayan, dalam rangka "mampaharek silahturahmi antar rantau jo kampung halaman," di aula Kantor Kecamatan Palembayan, pekan lalu.

Wakil Bupati Agam meminta perantau Agam untuk selalu menjalin komunikasi dan kekompakan antar, maupun keluarga di kampung. Untuk itu, pihaknya mengharapkan dengan adanya perkumpulan para perantau ini bisa membangun sinergisitas di kampung halaman.

"Kami sangat bangga, karena peran dan kontribusi para perantau begitu besar terhadap lajunya pembangunan di Kecamatan Palembayan," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Agam telah melakukan berbagai percepatan pembangunan di Palembayan, yang melibatkan pihak kecamatan dan nagari.

"Saat ini telah dijadikan Palembayan sebagai sentral ekonomi baru dengan program Gelora Palembayan, dan untuk tahun ini Pemkab Agam telah mengerakan sumber daya manusia dalam bentuk Gerakan Nagari Madani," ujar Wabup pula.

Sementara itu, Ketua Perantau Arief Ragina mengatakan, telah mendirikan perkumpulan para perantau di Malaysia,dengan anggota 200 orang. Di samping itu, pihaknya sudah merancang program pulang kampung. "Kami sangat mendukung program pembangunan yang dilaksanakan di Palembayan, terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, seperti pertanian, peladangan, dan ecotourism," ujarnya.

Tokoh masyarakat Palembayan Roni, mengaku sangat bangga dengan perantau, moment ini merupakan langkah awal bagi kemajuan kampung halaman, "Dengan kedatangan para perantau, kami yakin dapat menggerakkan roda pembangunan di kampung halaman, dengan banyaknya potensi yang ada," ujarsnya.

Kegiatan yang berjalan baik dan lancar itu, dilanjutkan dengan tukar cendramata dari Ketua Perantau Arief Ragina kepada Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, dan Camat Palembayan. (h/ks)

                                                                                                                                               

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]