Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah


Jumat, 08 September 2017 - 01:07:42 WIB
Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah Tugu Permindo setelah dipercantik

PADANG, HALUAN--Sejarah memang tak akan berulang lagi. Namun sejarah memiliki arti penting dan mesti dihargai. Mungkin karena itu pula agaknya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang mencintai sejarah yang terjadi di Kota Padang.

Tugu Permindo yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, persisnya di halaman bekas SMAN 1 Padang, yang kini dijadikan kantor bagi tiga intansi (DPMPTSP, Disdukcapil, serta Dinas Perpustakaan dan Arsip) kini dipercantik. Dibersihkan sehingga nampak bersih dan terawat.

 Tugu ini sebelumnya memang terbilang kurang familiar bagi warga Padang. Letaknya yang berada di dalam lingkungan perkantoran, juga sedikit tersuruk, membuat tugu ini seperti terlupakan. Beruntung DPMPTSP "menyelamatkan" tugu ini. Sehingga kini nampak gagah dan bersih.

"Semula tugu ini kondisinya kumuh, kotor, kusam, dan tak ada yang mau mampir," ujar Kepala DPMPTSP Rudy Rinaldy.  

Rudy menjelaskan, hal ini cukup kontras dengan kondisi sekitar. Tak jauh dari Tugu Permindo, jalur trotoar menuju pasar sudah bagus. Jalan masuk Pasar Raya sudah rapi.

"Karena itulah kami berinisiatif melakukan gotongroyong bersama membersihkan tugu tersebut," ungkap Rudy.

Selain ingin mempercantik sekitar, Rudy menyebut bahwa upaya pembersihan Tugu Permindo juga sebagai bentuk sumbangan moral untuk Kota Padang. Apalagi belum lama ini Kota Padang berulangtahun. Kemudian juga merayakan HUTRI ke-72.

"Kami mencoba mengajak semua untuk bisa menghargai sejarah. Mengenang kembali perjuangan masa lalu dalam bentuk menghargai tugu perjuangan para guru. Mudah-mudahan bisa ditiru yang lain," pungkas Rudy. (h/ita)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 17:01:25 WIB
    Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar M Sayuti Dt Rajo Pangulu

    Pemerintah Harus Hargai Hukum Adat

    PADANG, HALUAN -- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar M Sayuti Dt Rajo Pangulu, berpendapat, lemahnya rasa takut masyarakat untuk berbuat kejahatan, khususnya bagi masyarakat Sumbar, karena di negeri.
  • Jumat, 13 Maret 2015 - 19:28:20 WIB

    Selembar Surat Suara Dihargai Rp300

    KPU SEPAKATI HARGA SATUAN LOGISTIK PILKADA

    PADANG, HALUAN — Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hingga kini belum mengeluarkan peraturan pelaksanaan Pilkada serentak 2015, namun KPU Sumatera .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]